IFBC Banner

Deretan Seleb yang Masuk Daftar Hitam Pemerintah China, Penyanyi Muda hingga Aktor Legendaris Kena!

Sabtu, 04 September 2021 – 07:01 WIB

Deretan seleb yang masuk daftar hitam pemerintah China. (Foto: Istimewa)

Deretan seleb yang masuk daftar hitam pemerintah China. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Seorang sutradara terkenal China, Zhou Gougang mendadak bikin publik geger usai mengklaim bahwa sejumlah bintang terkenal bakal masuk dalam daftar hitam alias blacklist dari pemerintah. Yang mengejutkan nama 2 aktor legendaris Jackie Chan dan Jet Li ikut disebut.

IFBC Banner


Zhou Gougang dikenal kerap mengomentari berbagai isu sosial yang terjadi di Tiongkok. Belum lama ini ia membahas soal data aktor China bernama Zhao Wei yang dihapus dari internet karena alasan yang belum diketahui.

Dilansir dari Newsweek, Jumat, 4 September 2021, video pendek Zhou di aplikasi media sosial mirip TikTok di China yakni Douiyin tampaknya merupakan spekulasi, menyebutkan jika akan ada banyak bintang papan atas China yang bakal masuk dalam daftar hitam.

Seleb pertama yang diduga menjadi "korban" adalah Zhao Wei. Karya Zhao dihapus dari platform streaming China dan layanan media sosial pada 26 Agustus lalu.

Sutradara Zhou pun melihat bahwa sejumlah seleb lain satu persatu mulai menghapus postingan dan gambar yang menampilkan para pesohor yang diduga bakal masuk daftar hitam.

Zhou memprediksi "korban" selanjutnya adalah para seleb China yang memiliki paspor asing. Nama Jet Li diduga masuk lantaran memiliki kewarganegaraan lain, yakni Singapura. Jackie Chan juga diprediksi masuk karena memegang kewarganegaraan Hong kong.

Selain dua aktor legendaris itu, selebritas lain yang masuk dalam daftar di antaranya, aktris Liu Yifei (Amerika), aktor Nicholas Tse (Kanada), Zhang Tielin (Inggris) dan Mark Chao (Kanada), dan penyanyi Will Pan (Amerika) dan Wang Leehom (Amerika).