Siap-siap 2037, Supernova Berumur 10 Miliar Tahun Bisa Dilihat dari Bumi!

Kamis, 16 September 2021 – 20:31 WIB

Ilustrasi supernova

Ilustrasi supernova

JAKARTA, REQnews - Sudah siapkah kalian melihat salah satu fenomena alam paling gila, yakni Supernova Requiem yang akan tampak dari Bumi pada 2037 mendatang?

Supernova yang pernah dicitrakan Teleskop Hubble pada 2016 ini menurut para atsronom, akan bisa dilihat dari Bumi pada 2037 mendatang. Namun, tak ada penjelasan apakah untuk menyaksikannya membutuhkan alat khusus atau dapat hanya dengan mata telanjang.

Namun, supernova ini adalah fenomena yang benar-benar dahsyat, karena merupakan hasil dari ledakan bintang dengan jarak 10 miliar tahun cahaya jauhnya.

Sebagai informasi, Requiem terlihat oleh observatorium luar angkasa tiga kali pada tahun 2016, berkat fenomena yang disebut pelensaan gravitasi.

Mengutip Space, Kamis 16 September 2021, pelensaan gravitasi terjadi di sekitar benda langit supermasif yang memiliki kemampuan untuk membelokkan dan membagi cahaya, memperbesar dan mendistorsi gambar objek di belakangnya.

Kemudian, prediksi supernova akan terlihat lagi, berdasar pada pemodelan komputer tentang distribusi materi di dalam gugus, yang terletak sekitar 4 miliar tahun cahaya dari Bumi.

"Ini adalah yang terakhir tiba karena ini seperti kereta api yang harus masuk jauh ke dalam lembah dan mendaki kembali lagi," kata Steve Rodney, astronom di University of South Carolina.