Tak Bisa Balas Ejekan Elon Musk, Jeff Bezos Sampaikan Selamat atas Sukses SpaceX

Jumat, 17 September 2021 – 22:55 WIB

Foto: republicworld.com

Foto: republicworld.com

California, REQNews.com -- Jeff Bezos, pendiri dan pemilik Blue Origin, menyampaikan ucapan selamat kepada Elon Musk atas sukses Space X meluncurkan empat kru sipil pertama 360 mil di atas Bumi.

"Selamat kepada Elon Musk dan Space X atas kesuksesan Inspiration4 tadi malam," tulis Bezos di Twitter-nya. "Langkah lain menuju masa depan ruang angkasa yang dapat diakses semua."

Elon Musk menjawab singkat; "Terima kasih."

Ini tweet langka. Setidaknya kali pertama sejak Februari 2020 Bezos memuji SpaceX atas kesuksesan peluncurannya.

Daily Star menulis pujian Bezos sangat mengejutkan. Sebab, keduanya sedang bersaing di bisnis luar angkasa. Keduanya berusaha membangun perusahaan parisiwata ruang angkasa komersil, dengan SpaceX dan Blue Origin bersaing hebat.

Blue Origin saat ini menuntut NASA karena memberikan kontrak padarat bulan senilai 2,39 miliar dolar AS, atau Rp 34 triliun, kepada SpaceX milik Musk.

Musk mengolok-olok Bezos dalam sebuah tweet, dengan mengatakan mantan CEO Amazon itu pensiun untuk mengejar pekerjaan penuh waktu mengajukan tuntutan hukum terhadap SpaceX.

Peluncuran SpaceX pekan ini membawa empat warga sipil melakukan perjalanan luar angkasa tanpa astronot profesional jauh di atas orbit Bumi.

Keempatnya kini berada 360 mil di atas Bumi untuk perjalanan tiga hari. Jadi, keempatnya berada lebih jauh dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan Teleskop Hubble.

Blue Origin, yang mengangkasa Juli lalu, secara teknis tidak sampai ke luar angkasa tapi di tepi stratosfer Bumi, atau 66 kilometer di atas kepala kita. Perjalanan singkat saja, yaitu empat menit.

Richard Branson, pendiri Virgin Galactic, mengalahkan Bezos dengan pesawat roket VSS Unity. Saat itu, Musk mengejek Bezos karena perjalanan suborbitalnya.