Tengok Indahnya Desa Tamansari yang Digadang-gadang Jadi 'Wisata Kelas Dunia Baru' oleh Sandiaga Uno

Senin, 20 September 2021 – 15:31 WIB

Penampakan Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi. (Foto: Jadesta.com)

Penampakan Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi. (Foto: Jadesta.com)

BANYUWANGI, REQnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut Desa WIsata Tamansari di Banyuwangi berpotensi jadi tujuan wisata kelas dunia.

Menurut Sandi, desa wisata satu ini sudah memiliki modal utama berupa pelestarian budaya, lingkungan dan kearifan lokal masyarakat setempat.

"Jangankan 30 tahun, 10 tahun ke depan akan menjadi desa wisata tujuan dunia. Karena pariwisata ini hanya menunjang dan menjadi pilar, dan yang meopang kehidupan di sini adalah budayannya," kata Sandiaga, dikutip Senin, 20 September 2021.

Mendengar pernyataan Menparekraf, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pun merespons. Ia berjanji bakal terus memberikan perhatian ke desa-desa.

"Kami juga terus akan memberikan perhatian kepada desa-desa. Ini intruksi presiden, tak hanya desa wisata, desa ini bagaimana bisa menjadi garda terdepan pembangunan Indonesia," ujarnya.

Untuk diketahui, Desa Tamansari baru-baru ini masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Desa ini memiliki banyak daya tarik.

Tak hanya keindahan alam, budaya dan kearifan lokal masyarakatnya masih terjaga. Desa ini juga punya sejarah yang kuat.

Desa yang terletak di lereng Gunung Ijen ini punya sederet destinasi wisata unggulan, di antaranya Kawah Ijen, kolam air Sendang Seruni, wisata hutan pinus, hingga Taman Gandrung Terakota.