AS-Rusia Bersaing Bikin Film di Luar Angkasa: Yulia Peresild Terbang Pekan Ini, Tom Cruise Menyusul

Senin, 04 Oktober 2021 – 18:14 WIB

Foto: https://www.aexa.digital

Foto: https://www.aexa.digital

Moskwa, REQNews.com -- Aktris Rusia Yulia Peresild dijadwalkan pekan ini berangkat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk menjadi yang pertama syuting film di luar angkasa.

Bersama dua kosmonot dan seorang sutradara, Yulia akan meluncur dengan Soyuz MS-19 dari Baikonur di Kazakhstan ke ISS yang mengorbit di ketinggian 220 mil, atau 354 kilometer, dari Bumi.

Peluncuran Yulia, yang hanya beberapa pekan setelah SpaceX mengirim awak sipil pertama, menandai persaingan AS-Rusia di industri antariksa. Tom Cruise, aktor AS, juga berencana membuat film di luar angkasa akhir bulan ini.

"Film dibangun di sekitar kisah orang biasa, seorang dokter yang tidak ada hubungannya dengan eksplorasi ruang angkasa dan tidak pernah berpikir melakukan perjalanan ke ISS untuk menyelamatkan hidup kosmonot," kata Kim Shipenko, sutradara dan aktor, dalam konferensi pers bulan lalu.

Kosmonot profesional juga akan terlihat di film ini. Namun Anton Shkaplerov, komandan misi, mengatakan; "Saya tidak akan membintangi film ini, tapi saya masih perlu mencari tahu bagaimana sebuah film diproduksi di tempat yang tidak biasa seperti luar angkasa."

Yulia Peresild akan bekerja sendirian. Ia tidak lagi dikelilingi penata rias dan perancang kostum, dan semua orang yang selalu berada di sisinya saat syuting.

"Saya telah belajar menjadi penata rias dan perancang kostum untuk diri sendiri," katanya. "Saya tahu situasi tidak akan sama seperti di Bumi, tapi kami akan melakukan yang terbaik."

Ketika ditanya apakah dia tidak takut terbang ke luar angkasa, Yulia mengatakan; "Agak terlambat untuk takut karena kami sudah sejauh ini. Ada Baikonur di depan mata, dan banyak yang harus dilakukan. Sejujurnya, tidak ada waktu untuk takut."

Shipenko punya masalah dengan tinggi badan. Ia menjulang setinggi 1,9 meter, yang membuat pelatihan di dalam pesawat ruang angkasa tidak terlalu nyaman.

"Tidak apa-apa, saya akan terbang apa adanya," kata Shipenko seperti dikutip The Sun.

Dmitry Rogozin, kepala Roscosmos, mengatakan drama luar angkasa ini berjudul Challenge. Film diproduksi bersama Roscosmos, perusahaan luar angkasa Rusia, dan jaringan Channel One.

Yulia dan Shipenko akan berada di ISS selama 12 hari. Keduanya akan kembali ke Bumi pada 17 Oktober. Channel One Rusia akan menyiarkan peluncuran secara langsung dan online.

Tom Cruise akan membuat filmnya sendiri Oktober 2021, setelah bepergian dengan Crew Dragon SpaceX milik Elon Musk. Ia akan bergabung dengan sutradara Doug Liman.