Bayi Kembar Panda Raksasa yang Lahir di Tokyo Diberi Nama

Minggu, 10 Oktober 2021 – 17:08 WIB

Foto: New York Post

Foto: New York Post

Tokyo, REQNews.com -- Bayi kembar panda raksasa yang lahir di Kebun Binatang Ueno Tokyo 23 Juni 2021, memperoleh nama; Lei Lei (betina) dan Xiao Xiao (jantan).

Kedua nama itu dipilih dari ratusan ribu saran yang dikirim oleh pecinta pada di seluruh Jepang. Saat lahir, keduanya adalah bayi merah muda seukuran telapak tangan. Kini mereka tumbuh dan memiliki bulu hitam-putih yang unik.

Bulu hitam berada di sekitar mata, telinga, anggota badan. Bulu putih menyapu seluruh bagian lain.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengumumkan nama mereka dalam konferensi pers mingguan. "Xiao Xiao berarti cahaya fajar yang semakin terang," kata Gubernur Koike.

"Lei Lei mengganbarkan kuncup bunga yang indah, dan mengembangkan masa depan cerah," lanjutnya. "Jika kedua nama digabung artinya adalah fajar cerah menuju masa depan. Saya pikir keduanya memiliki citra sangat cerah."

Dalam video pendek yang diperlihatkan Gubernur Koike, Lei Lei dan Xiao Xiao berada di ranjang dan berpelukan. Keduanya merangkak pelan dan tertidur.

"Menggemaskan," katanya seraya memutar video itu kali kedua.

Seperti di tempat lain di dunia, panda sangat populer di Jepang. Setelah keduanya lahir, pejabat Tokyo membentuk panitia pemilihan nama.

Pejabat dari kebun binatang dan pemerintah Tokyo memilih nama di antara lebih dari 190 ribu entri yang dikirim dari seluruh Jepang. Setelah berkonsultasi dengan Taman Nasional Panda Raksasa Cina, kedua nama itu dipilih.

Kini, keduanya memiliki berat badan 13,2 pon (5,9 kilogram) atau sepuluh kali lipat dari berat saat dilahirkan, dan panjangnya dua kaki atau 0,6 meter.

Gubernur Koike mengatakan kedua bayi panda akan dibesarkan di kebun binatang, tapi Januari 2022 akan disatukan dengan induk mereka.