Mengungkap Fakta Miris di Balik Bisnis Sawit: Manusia Diuntungkan, Orangutan yang Jadi Korban!

Selasa, 12 Oktober 2021 – 16:01 WIB

Fakta miris di balik bisnis sawit. (Foto: Ilustrasi)

Fakta miris di balik bisnis sawit. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, REQnews - Sebuah video yang mengungkap fakta miris di balik bisnis kelapa sawit, beredar di media sosial dan sukses membuat netizen terhenyak.

Video yang diunggah akun Instagram @climbingbird itu membuka mata dan menyadarkan netizen tentang betapa banyaknya kerugian yang ditimbulkan oleh alam dan satwa akibat kebiasaan manusia mengonsumsi beragam makanan dan produk yang berasal dari minyak sawit.

Dalam video tampak cerita animasi pendek buatan PanEco yang membeberkan sederet fakta mengejutkan di balik bisnis sawit.

Video tersebut menceritakan bagaimana setiap harinya banyak hutan hujan di Sumatera dihancurkan untuk perkebunan kelapa sawit. Dan hal tersebut berujung pada terancamnya habitat orangutan.

"Mereka kehilangan rumah, bahkan seringkali nyawa. Semua karena makanan dan produk yang kita konsumsi," tulis akun @climbingbird dalam keterangan video, dikutip Selasa, 12 Oktober 2021.

Karena itu, tambah akun tersebut, dibuatlah berbagai program konservasi orangutan sumatera untuk melindungi dan menyelamatkan mereka dari "pembunuhan" dan kepunahan.

Namun, untuk mencegah kepunahan orangutan, tentunya dibutuhkan dukungan semua pihak.

"Kita semua harus ikut berjuang dan menghindari kelapa sawit. Silahkan buat pilihan yang tepat: hanya dengan membeli produk bebas minyak sawit!" kata akun tersebut mengajak para netizen.