Kabar Gembira! Menparekraf Izinkan Anak di Bawah 12 Tahun Masuk Objek Wisata, Ini Syaratnya

Minggu, 17 Oktober 2021 – 14:34 WIB

Ilustrasi Berwisata (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Berwisata (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Kabar gembira datang untuk para traveler! Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, memberikan kelonggaran aturan destinasi wisata di Indonesia.

Aturan tersebut membolehkan anak di bawah usia 12 tahun masuk obyek wisata dengan syarat  kedua orang tua memiliki sertifikasi vaksin yang legkap.

"Kami beri kelonggaran destinasi wisata, untuk mengambil satu kebijakan. Selama orang tuanya difasilitasi lengkap. Dan PeduliLindungi berwarna hijau serta sertifikasi vaksin. Maka anak-anak bisa masuk obyek wisata," kata Sandiaga dalam kunjungan kerja di Kabupaten Malang, Sabtu 16 Oktober 2021.

Menurut Sandiaga, diskresi ini dapat berjalan dengan melibatkan pengelola wisata, pemerintah daerah sekaligus Satgas COVID-19 setempat.

Sandiaga juga mengatakan, kelonggaran ini telah diberlakukan disejumlah daerah Jogja dan Jateng.

"Sudah ada beberapa destinasi wisata, di Jogja dan Jateng, kami berikan panduan seperti itu," tegas Sandiaga.

Tak hanya Jogja dan Jateng, konsep tersebut juga akan segera diuji coba untuk destinasi wisata di Kabupaten Malang.

"Sangat mungkin diajukan konsep uji coba destinasi wisata di Kabupaten Malang. Saya sudah diskuasi dengan Pak Bupati, bisa sudah turun level 2, tentunya pariwisata secara bertahap bisa dibuka dengan diskresi pemda setempat," jelas Sandiaga.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyambut baik pemberian keringanan bagi anak usia di bawah 12 tahun untuk diizinkan masuk tempat wisata.