Jangan Sampai Ketinggalan! Ini 4 Even Akbar Yang Berlangsung Disepanjang Oktober

Minggu, 17 Oktober 2021 – 17:33 WIB

Stadion Lukas Enembe (Foto: Heru Haryanto)

Stadion Lukas Enembe (Foto: Heru Haryanto)

JAKARTA,REQnews- Seiring dengan penurunan angka Covid-19 di bulan Oktober, menjadi titik awal kembalinya acara-acara besar yang akan dilaksanakan di dunia. Setidaknya ada hajat akbar yang akan berlangsung disepanjang Oktober. Berikut daftar acara besar yang akan berlangsung di bulan ini:

PON XX Papua

Untuk kali pertama, Pekan Olahraga Nasional digelar di Papua. Ini provinsi paling timur di Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah PON, setelah Makassar pada 1957. PON Papua bergulir di 44 lokasi di empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, serta Kabupaten Merauke. diselenggarakan di Papua pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama penyelenggaraan edisi ini, baik upacara pembukaan maupun penutupan.

Biennale Jogja

Biennale Jogja merupakan salah satu perhelatan penting di medan seni rupa dunia yang selama ini memusat pada negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Pada setiap perhelatannya, Biennale Jogja  melibatkan seniman dari negara dan kawasan sepanjang garis khatulistiwa, mulai dari India, negara-negara Arab, Nigeria, Brazil, hingga negara-negara di Asia Tenggara. Pameran utamanya akan dilangsungkan di Jogja National Museum. Acara ini dimulai dari 6 Oktober hingga 14 Novemver mendatang.

Expo 2020 Dubai

Nama resminya Expo 2020 Dubai, karena ajang ini memang sedianya berlangsung di 2020. Ini merupakan World Expo pertama di Timur Tengah yang berlangsung sejak 1 Oktober hingga 21 Maret 2022. Kenduri global ini diikuti 191 negara, termasuk Indonesia. Biayanya, dikutip dari beragam sumber, diperkirakan menembus $6,8 miliar. 

Larnaca Biennale

Siprus, salah satu negara yang sudah menyambut turis asing, akan menyelenggarakan jilid kedua Larnaca Biennale. Pamerannya akan menampilkan karya 77 seniman dan acara lainnya konser, diskusi, serta kuliah umum. Pada jilid perdananya, Larnaca Biennale berhasil menjala 18.000 pengunjung. Larnaca Biennale berlangsung mulai 13 Oktober hingga 26 November 2021.