Ribuan Orang Teken Petisi 'Hidupkan Jalur Kereta Wonosobo Demi Pariwisata', Yuk Ikutan Dukung!

Kamis, 18 November 2021 – 16:01 WIB

Ilustrasi kereta api

Ilustrasi kereta api

JAKARTA, REQnews - Wonosobo terkenal memiliki banyak potensi tempat pariwisata yang menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia. Potensi ini perlu didukung oleh sarana transportasi yang baik dan nyaman, saat ini yang tersedia hanya bus maupun travel dan kian hari lalu lintas makin ramai.

Sebelum kemerdekaan telah ada jalur kereta api untuk mengangkut tebu milik perusahaan Belanda, namun saat ini terbengkalai. Bahkan stasiun kereta di Kota Wonosobo masih terawat dengan baik.

Pernah ada wacana yang berkembang di masyarakat bahwa PT KAI akan menghidupkan kembali jalur kereta dari Purwokerto ke Wonosobo. Namun hingga hari ini sudah tidak terdengar kembali beritanya.

Atas dasar ini, para pemerhati wisata Wonosobo pun berinisiatif menggagas petisi lewat laman Change.org yang berisi permintaan agar PT KAI menghidupkan kembali jalur kereta Purwokerto-Wonosobo.

"Kami yakin dengan dibukanya jalur tersebut akan membawa perubahan lebih baik untuk potensi pariwisata di sekitar Kota Wonosobo dan juga akan berdampak positif pada sektor lainnya seperti ekonomi, sosial, budaya, bahkan kami yakin taraf kehidupan masyarakat akan naik pada jalur/daerah yang dilewati kereta api," demikian tertulis dalam petisi tersebut, dikutip Kamis, 18 November 2021.

Hingga saat ini, petisi tersebut sudah ditandatangani oleh lebih dari 3.000 orang, dari 5.000 tanda tangan yang ditargetkan.

Yuk ikut dukung petisi tersebut lewat tautan berikut ini: 

https://www.change.org/p/pt-kai-kereta-api-indonesia-hidupkan-jalur-kereta-ke-wonosobo-untuk-meningkatkan-pariwisata?recruiter=914202221&utm_source=share_petition&utm_campaign=psf_combo_share_initial&utm_medium=whatsapp&utm_content=washarecopy_31240156_id-ID%3A5&recruited_by_id=1ac31370-e82b-11e8-be22-671f5fb20b4d