IFBC Banner

Selain Nonton SuperBike 2021! 5 Rekomendasi Wisata di Mandalika Ini Wajib Banget Dikunjungi

Senin, 22 November 2021 – 20:35 WIB

Pantai Batu Payung, Lombok (Foto: Viva)

Pantai Batu Payung, Lombok (Foto: Viva)

LOMBOK TENGAH, REQnews - Terletak di pesisir barat laut Pulau Lombok, Mandalika dikenal sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia. Terlebih saat ini menjadi lokasi yang diminati para wisatawan usai ditetapkan menjadi penyelenggaraan SuperBike 2021.

Jika menonton WSBK di sirkuit langsung, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai macam tempat wisata di Mandalika. Dikenal sebagai permata tersembunyi pariwisata Indonesia, Anda akan dimanjakan mulai dari pantai yang indah sampai dengan budaya yang unik.

 

Penasaran, kali ini REQnews.com telah merangkum 5 tempat wisata menarik di Mandallika. Saimak yaa!

1. Pantai Batu Payung

Terdapat batu besar yang mirip seperti payung, menjadi daya tarik Pantai Batu Payung. Karena batu tersebut memiliki bentuk yang unik, yaitu bagian bawah terlihat ramping kemudian bagian atas melebar sehingga kamu bisa berteduh di bawahnya layaknya payung.

Lokasi pantai cukup dekat dengan Gili Anakanjan dan di sekitarnya terdapat beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi. Tak perlu khawatir soal harga karena biaya memasuk ke pantai ini adalah gratis.

2. Patung Putri Mandalika

Putri Mandalika yang cantik adalah legenda yang berada di Lombok yang kemudian dihormati oleh masyarakat dengan membangun patung putir di Pantai Seger. Menurut legenda, Putri Mandalika adalah seorang putri yang memiliki paras sangat cantik sehingga berbagai pangeran dan pria-pria yang ada sangat tertarik untuk menikahinya.

Keinginan banyak pangeran dan pria biasa untuk menikahinya menimbulkan potensi perpecahan di Lombok. Tidak ingin Lombok terpecah belah akibat alasan yang konyol, sang putri pun mengundang semua pria ke pantai. Saat di pantai, dirinya menyatakan pendapatnya dan terjun ke laut demi menjaga perdamaian dan keutuhan Lombok.

3. Bukit Merese

Bukit Merese atau lebih sering disebut dengan bukit cinta ini adalah bukit yang memiliki panorama indah, sehingga setiap wisatawan yang datang akan langsung jatuh cinta. Pada pagi hari, di bukit ini cahaya pagi akan menyambut Anda dengan pemandangan laut yang lebih segar untuk dinikmati.

 

Anda juga dapat menikmati matahari terbenam dengan sangat menakjubkan di tempat ini dengan perubahan warna langit menjadi merah dramatis yang membara dan menghadap ke samudra tanpa akhir tepat berada di depan mata Anda pada sore harinya.

4. Desa Ende

Rumah lain bagi orang asli Lombok adalah Desa Enda. Masyarakat di sini berhasil mempertahankan gaya hidup tradisionalnya dengan menghindari kebutuhan pokok modern seperti listrik dan teknologi.

Untuk mengetahui bagaimana rasanya melarikan diri dari kehidupan modern, Anda dapat mengunjungi desa ini. Anda juga bisa belajar mengenai kebudayaan masyarakat Sasak yang dikenal sebagai penduduk asli Lombok.

5. Air Terjun Benang Kelambu

Daya tarik yang pertama dari Air Terjun Benang Kelambu adalah keberadaan air terjunnya yang lebih dari satu. Arus air yang turun tidaklah deras, bahkan cenderung mengalir di tebing batu Mitos di Air Terjun Benang Kelambu terkait dengan cerita khasiat air yang mampu membuat awet muda, serta mencari berkah, dan keselamatan. 

Situasi alam yang masih terjaga ini terlihat melalui keberadaan monyet-monyet yang bisa ditemui di sepanjang jalur tersebut. Terletak di kawasan Geopark Rinjani, air terjun ini sudah dikenal hingga mancanegara bahkan diakui oleh UNESCO sebagai Taman Bumi Dunia.