IFBC Banner

Mau Dapat Bantuan Rp 1,8 Juta dari Kemenparekraf? Cek Nih Syaratnya!

Selasa, 23 November 2021 – 05:01 WIB

Ilustrasi Bantuan Pariwisata

Ilustrasi Bantuan Pariwisata

JAKARTA, REQnews - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang menyiapkan bantuan BPUP sebesar Rp 1,8 juta untuk para pelaku usaha pariwisata.

BPUP adalah Bantuan Pemerintah Bagi Usaha Pariwisata. Bantuan ini diberikan kepada 6 jenis usaha, yakni agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyedia akomodasi jangka pendek lainnya.

Selain itu, BPUP ini juga berlaku untuk usaha pariwisata skala kecil dan menengah yang terdaftar di OSS (Online Single Submission) Kementerian Investasi/BKPM tahun 2018-2020.

Nah, bagi Anda yang berminat, pendaftaran BPUP ini dilakukan secara daring pada 15-26 November 2021 melalui laman bpup.kemenparekraf.go.id. Para pelaku usaha wajib memasukkan Nomor Induk Berusaha (NIB) agar bisa melanjutkan pendaftaran.

Menurut keterangan resmi dari Kemenparekraf, berikut syarat dan dokumen yang harus disiapkan bagi pelaku usaha pariwisata yang ingin ikut BPUP 2021: 

1. NIB (bisa dicek di laman pendaftaran).
2. KTP penanggung jawab usaha (pemilik perusahaan).
3. NPWP atas nama badan usaha.
4. SPT tahunan (satu tahun terakhir).
5. Surat permohonan ke Dinas Kabupaten/Kota yang membidangi pariwisata (format surat bisa ditemukan di laman BPUP).
6. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) keabsahan data yang disampaikan dan ditandatangani dengan materai Rp 10.000.
Akta Pendirian.
7. Anggaran Dasar serta perubahan terakhir (AD/ART).
8. Surat kuasa penunjukkan pengelolaan rekening.