IFBC Banner

Manuskrip Tulisan Tangan Fisikawan Legendaris Albert Einstein Terjual Rp 187,6 Miliar

Rabu, 24 November 2021 – 14:12 WIB

Foto: NBC Connecticut

Foto: NBC Connecticut

Paris, REQNews.com -- Sebuah manuskrip, yang setengahnya berisi tulisan tangan fisikawan legendaris Albert Einstein, terjual 11,7 juta euro atau Rp 187,6 miliar di Balai Lelang Cristie di Paris.

Harga jual ini jauh lebih tinggi dari perkiraan. Sebelum lelang dibuka, Balai Lelang Christie memperkirakan manuskrip bernilai 2 juta sampai tiga juga euro, atau Rp 32 miliar sampai Rp 48 miliar.

Balai Lelang Christie Paris tidak mengungkap nama pembeli manuskrip itu.

Manuskrip itu setebal 54 halaman. Setengahnya tulisan tangan Einstein, dan diketahui berisi perjalanan pemikiran untuk sampai pada Teori Relativitas -- teori yang meletakan dasar bagi kosmologi dan teknologi modern seperti sistem nativasi posisi global (GPS).

Naskah itu disimpan dalam pengawasan fisikawan Swiss Michele Besso, teman tekat dan mitra akademik Einstein yang ikut menulis karya itu antara 1913-1914.

"Manuskrip ini menjadi sangat penting karena sangat sedikit dokumen kerja Einstein sebelum 1919," kata Vinent Belloy, pakar di Balai Lelang Christie Paris.

Einstein, masih menurut Belloy, adalah orang yang menyimpan sangat sedikit catatan. Jadi, fakta bahwa manuskrip itu selamat dan sampai kepada kita sudah membuatnya luar biasa.

Sebagian besar manuskrip itu adalah perhitungan tak berujung yang ditulis dengan tinta hitam di atas kertas kusut dan sedikit menguning. Manuskrip itu menantang citra populer Einstein sebagai jenius mutlak, karena dia menunjukan bahkan seorang jenius pun setidaknya membuat kesalahan.

"Einstein membuat kesalahan dalam manuskrip itu, dan itulah yang membuatnya besar karena kita melihat kegigihan, pemikiran yang sedang dalam proses penciptakan teori besar yang sedang diperbaiki dan diarahkan kembali," kata Belloy.

Mei lalu, sebuah surat tulisan tangan berisi persamaan E=mc2 yang tereknal -- bagian dari teori relativitas khusus -- terjual dengan harga satu juga euro, atau Rp 16 miliar, dalam lelang di AS.

Lewat teori relativitas umum yang gerbit tahun 1915, Einstein merevolusi fisika modern. Dalam teori itu Einstein menggambarkan gravitas sebagai lengkungan geometris ruang dan waktu.