5 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui, Simak Yaa!

Rabu, 24 November 2021 – 21:15 WIB

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Istimewa)

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Apa kamu tahu kalau WhatsApp memiliki beragam fitur rahasia? Ternyata fitur-fitur yang disajikan bermanfaat loh bagi penggunanya. Karena banyak fitur yang bisa memaksimalkan penggunaan aplikasi pesan singkat itu.

Nah, kali ini REQnews.com telah merangkum 5 fitur rahasia yang jarang orang tahu!

1. Menyembunyikan Status Terakhir

Fitur Last Seen pada WhatsApp membantu pengguna lain untuk mengetahui kapan terakhir Anda online. Bagi yang merasa risih untuk terlihat kapan terakhir online, fitur ini bisa Anda gunakan.

Pengguna bisa menyembunyikan dengan membuka Pengatura > Akun > Privasi > Terakhir dilihat (last seen). Anda bisa menyesuaikan kategori yang diinginkan seperti Semua Orang, Kontak Saya atau Tidak Ada.

2. Starred Message

Anda bisa memanfaatkan fitur pesan berbintang atau starred message untuk mencari pesan lama yang sudah terbenam dengan chat baru. Fungsi fitur ini hampir sama dengan fitur pinned.

Caranya, pengguna bisa menekan bar chat yang ingin ditandai kemudian pilih opsi tanda bintang di bagian atas layar lalu tekan simbol tersebut.

3. Melihat Detail Pesan

WhatsApp memiliki fitur yang menyedikan informasi jam berapa pesan terkirim dan terbaca oleh penerima.

Bagi pengguna WhatsApp di iPhone, geser ke kiri pada pesan yang Anda kirim untuk melihat informasi lebih lanjut.

Sedangkan pengguna WhatsApp di HP Android bisa menekan lama bar chat yang ingin disorot kemudian pilih ikon bertanda seru.

4. Menyembunyikan Centang Biru

Centang biru pada WhatsApp bisa menandakan penerima pesan sudah membuka dan membaca pesan pengirim.

Namun, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menyembunyikan centang biru dengan alasan privasi.

Anda bisa menonaktifkan centang biru dengan membuka Pengaturan > Akun > Privasi > Untick Read Receipts.

5. Mematikan Fitur Download Otomatis

Berbagi pesan, gambar hingga video bisa membuat memori HP penuh. Jika kiriman file lupa dihapus dan dibiarkan menumpuk akan memakan ruang penyimpanan HP.

Fitur auto-download bisa mematikan download secara otomatis gambar hingga video yang dikirim. Pada HP Android bisa membuka Pengaturan > Penyimpanan dan Data > nonaktifkan mengunduh otomatis.

Sementara untuk iPhone bisa membuka Pengaturan > Penggunaan Data dan Penyimpanan > Media kemudian hentikan gambar dan video yang tersimpan otomatis.