5 Lagu Bertema Guru Ini Cocok Dinyanyikan di Hari Guru Nasional!

Kamis, 25 November 2021 – 16:05 WIB

Ilustrasi pembelajaran di ruang kelas bersama guru (Foto: Istimewa)

Ilustrasi pembelajaran di ruang kelas bersama guru (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Namun, tak lengkap rasanya tanpa nyanyian lagu yang bertema guru, sebagai bentuk ungkapan mengenang jasa mereka.

Nah, kali ini REQnews.com telah merangkum 5 lagu bertema guru yang cocok nyanyikan saat perayaan Hari Guru Nasional. Yuk simak!

1. Guruku Tersayang - Melly Goeslaw

Lagu yang diciptakan oleh Melly Goeslaw ini menceritakan tentang rasa terima kasih yang diungkapkan oleh seorang siswa kepada gurunya. Lagu ini sering dinyanyikan dalam acara hari guru dan perpisahan sekolah. Melly pun membuat lagu ini sebagai dedikasi kepada guru-gurunya.

2. Hymne Guru - Sartono

Diciptakan oleh Sartono yang merupakan seorang guru music dari Madiun, Jawa Timur. Lagu tersebut diciptakan saat dirinya mengikuti lomba cipta lagu pada momentum Hari Pendidikan Nasional tahun 1980. Sekarang ini lagu Hymne Guru menjadi lagu wajib saat perayaan Hari Guru Nasional.

3. Terima Kasih Tuhan - Joshua

Lagu tersebut muncul dalam film Joshua Suherman tahun 2001 yang berjudul Joshua oh Joshua. Bercerita tentang dua anak jalanan yang harus mencari uang sepulang sekolah. Saat pengumuman juara kelas, Jojo naik ke atas panggung.

Ia bernyanyi lagu Terima Kasih Tuhan yang dideasikan kepada sosok guru, orang tua, serta teman-temannya. Sebagai ungkapan rasa terima kasih dan rasa syukur atas prestasi yang dirinya raih.

4. Oemar Bakri - Iwan Fals

Iwan Fals menceritakan sosok guru dengan kesederhanaan dan dedikasinya yang telah mengabdi pada negeri selama 40 tahun. Walaupun gajinya dikebiri, namun ia tetap bersemangat mengayuh sepeda untuk memberikan ilmu kepada murid-muridnya. Sebagai seorang guru, Oemar Bakri merupakan sosok representasi guru yang teladan.

5. Jasamu Guru - M Isfanhari

Sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, sosok guru merupakan teladan bagi murid-muridnya. Lagu Jasamu Guru dibuat untuk mengungkapkan rasa terima asih seorang siswa atas jasa guru yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat, sehingga membuat murid menjadi pintar.