5 Kebiasaan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda, Simak Yaa!

Senin, 29 November 2021 – 21:32 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti, karena bertugas memompa darah ke seluruh tubuh agar oksigen bisa masuk ke dalam tubuh dengan sempurna. 

Mengingat fungsi jantung yang sangat vital, maka penting untuk menjaga kesehatan jantung dari sekarang, agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusaknya.

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. 

Mungkin Anda juga sudah sering mendengar dokter menganjurkan untuk rutin olahraga, menjaga berat badan ideal, dan tidak merokok.

Kali ini REQnews.com telah merangkum dari berbagai sumber 5 tips menjaga kesehatan jantung. Simak yaa!

1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Aktivitas merokok memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner. Tak hanya itu, bahkan orang-orang di sekitarnya yang menghirup asap rokok (perokok pasif) juga lebih berisiko mengalami penyakit tersebut.

Itu karena zat beracun pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, sehingga lama kelamaan aliran darah pada jantung menjadi terganggu. Akibatnya, fungsi jantung juga akan terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

2. Asupan Gizi yang Cukup

Mengganti menu makanan menjadi lebih sehat, seperti perbanyak konsumsi sayur, ikan, buah, telur, dan daging segar yang kandungan proteinnya banyak. Sedangkan untuk asupan lemak sehat, Anda bisa konsumsi kacang-kacangan.

Hindari makanan yang mengandung minyak maupun pemanis buatan yang berlebihan, karena porsi kalori yang ada di dalamnya besar, tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk jantung.

3. Rutin Olahraga 

Tidur merupakan salah satu aktivitas paling menyenangkan, namun perlu diketahui kalau tidur berpotensi mempercepat timbunan lemak, apalagi kalau setelah makan langsung tidur. Sebab, makanan yang masuk ke dalam tubuh belum sempat terbakar.

Aktif secara fisik atau rutin olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Anda bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga sekitar 20-30 menit setiap hari, karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Pilihan olahraga ini bisa berupa jalan kaki, jogging, berenang, atau sekadar naik-turun tangga.

4. Konsumsi Makanan Berserat

Bibit penyakit kolesterol sudah ada dalam tubuh sejak dulu, karena yang berasal dari makanan yang dikonsumsi selama. Anda dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan meningkatkan konsumsi makanan berserat. Konsumsi makanan berserat secara bertahap setiap harinya, misalnya dari 40 gram ke 50 gram, hingga 60 gram.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, makanan berserat justru berpotensi menyebabkan perut kembung. Serat dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti belimbing, buah naga, alpukat, pisang, jambu merah, dan mangga. Sayur-sayuran pun bisa, seperti bayam, wortel, brokoli, dan kubis.

5. Istirahat yang Cukup

Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Kurang istirahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung. Menjaga kesehatan jantung dapat dimulai dengan membiasakan gaya hidup sehat.

Selain beberapa langkah di atas, Anda juga disarankan untuk mengelola stres dan memeriksakan kesehatan secara rutin ke dokter agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga.