Danau Kaolin, Bangka Belitung Rasa Islandia yang Membuat Wisatawan Terpukau

Minggu, 05 Desember 2021 – 10:01 WIB

Danau Kaolin (Foto: Istimewa)

Danau Kaolin (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Sudah bukan rahasia jika daerah satu ini punya segudang wisata mempesona mirip destinasi luar negeri. Ya, Bangka Belitung. Dari sekian banyak destinasi yang ada, Danau Kaolin menjadi salah satu yang wajib dikunjungi.


Danau Kaolin terletak di Desa Nibung Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah dengan jarak tempuh 70 kilometer dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Selain memiliki spot foto yang cantik, lokasi Danau Kaolin juga sudah dilengkapi parkiran yang teduh serta warung yang menjajakan makanan ringan.

Wisata ini bahkan sempat viral di media sosial (medsos) dan dianggap mirip Islandia lantaran menyuguhkan pemandangan seperti di tanah bersalju bak iceland.

Bagi kalian yang belum tahu, Danau Kaolin terbentuk dari bekas galian tambang timah. Cekungan-cekungan bekas galian tambang itu kemudian diisi oleh guyuran air hujan dengan intensitas tinggi. Kemudian, terciptalah sebuah danau indah bernuansa biru yang memesona.

Hamparan air berwarna biru dengan dikelilingi timbunan pasir putih yang tampak menjulang membentuk bukit bukit kecil, bagaikan tumpukkan salju. Menambah keindahan yang mampu menghipnotis pengunjungnya.

Air danau sendiri tidak menunjukan warna jernih tapi lebih ke biru – biruan cerah. Kombinasi cahaya pagi matahari dengan warna batu karang di sekitar danau, terkadang membuat warna kebiruan ini lebih jelas dan berkilau indah. Kalau pandemi sudah usai, kamu wajib datang untuk menyaksikan hal ini secara langsung.