Merinding! Ini Legenda Gunung Semeru Sang Paku Pulau Jawa

Minggu, 05 Desember 2021 – 16:03 WIB

Gunung Semeru (Foto: Istimewa)

Gunung Semeru (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews-Mahameru, adalah gunung yang perkasa dan rupawan.  Keseruan serta keindahan yang diberikan gunung ini tak perlu diragukan lagi.

Namun dibalik paras cantiknya, gunung yang meletus pada Sabtu 4 November 2021 ini menyimpan banyak kisah, cerita dan kepercayaan.

Terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dikenal dengan nama Mahameru, ketinggiannya mencapai 3.676 meter dari permukaan laut Semeru memiliki berbagai macam kisah budaya yang berasal dari kebudayaan Hindu di Nusantara. 

Dalam legenda Jawa, Gunung Semeru dipercaya sebagai paku Pulau Jawa. Pulau Jawa yang mulanya adalah sebuah pulau yang terombang ambing di tengah lautan, dipindah oleh dewa Shiva yang juga dikenal Batara Guru menginginkan agar pulau Jawa dihuni oleh manusia.

Namun karena pulau masih belum menancap di bumi, pulau ini tidak bisa dihuni. Sehingga Dewa Brahma dan Dewa Wisnu mengambil Mahameru di Tanah Jambudvipa (India) untuk di tancapkan di Jawa. Untuk memindahkan Mahameru, Dewa Wisnu kemudian menjelma menjadi seekor kura-kura raksasa dan menggendong gunung itu di punggungnya. Sementara Dewa Brahma menjelma menjadi ular panjang yang membelitkan tubuhnya pada gunung dan badan kura-kura.

Di perjalanan pemindahan ini, Gunung Mahameru tercecer dan membentuk gunung-gunung lainnya di Pulau Jawa.

Ditambahkan dari The Seven Summits of Indonesia tulisan tulisan Hendri Agustin, dalam kepercayaan masyarakat Bali, Gunung Semeru diyakini adalah napak dari Gunung Agung yang ada di Bali.

Jika melihat catatan sejarah meletusnya Gunung Semeru, pernah terjadi sangat besar pada 200 tahun lalu tepatnya 8 November 1818.

Setelah itu, Gunung Semeru kembali meletus pada 2 Februari 1994 lalu. Setelah itu pada tahun 2000-an terjadi 8 kali letusan.

Dan letusan besar terjadi pada Natal 2002. Kemudian pada 1 Desember 2020, Gunung Semeru kembali meletus diikuti guguran awan panas dari puncak, dengan jarak luncur 2 kilometer hingga 11 kilometer.

Kali ini Gunung Semeru kembali meletus jelang akhir tahun 2021.