Luar Biasa...!! Ikan Alien Berkepala Tembus Pandang dan Mata Bersinar Ditemukan di Lautan Pasifik

Sabtu, 11 Desember 2021 – 13:22 WIB

Foto: Daily Mail

Foto: Daily Mail

California, REQNews.com -- Ikan mirip alien, dengan kepala tembus pandang, ditemukan di kedalaman 2.000 kaki atau 609 meter Lautan Pasifik di lepas pantai California, AS.

Hampir seluruh bagian kepala ikan barrreley, demikian orang menyebutnya, terlihat dengan jelas. Mata ikan itu dalah bola hijau bersinar, dengan dua lekukan kecil. Kedua mata itu mengarah ke atas.

Daily Mail menulis ikan itu ditemukan oleh Monterey Bay Aquiarium Research Institute (MBARI) menggunakan kendaraan yang dioeprasikan dari jauh (ROV).

"MBARI mencatat lebih 5.600 penyelaman yang merekam lebih 27.600 jam vide," kata deksripsi video yang memperlihatkan ikan itu. "Namu, kami hanya sembilan kali bertemu ikan itu dan merekamnya.

Ikan itu sulit ditangkap. Menggunakan bola mata bersinar, ikan memindai air di atasnys untuk mencari makanan, karena dia hidup di laut dalam tempat mangsanya tidak mungkin turun lebih jauh.

Ikan barreley terlihat dalam ekspedisi yang dipimpin Rachel Carson di Monterey Bary, di lepas antai California, pekan lalu. Namun, Carson tidak menemukan sesuatu yang baru, karena ikan ini kali pertama dijelaskan tahun 1939.

Sebagian besar tubuh ikan itu berwarna gelap. Hanya bagian atas kepala transparan, sehingga seluruh isi kepala dan matanya terlihat jelas.

Menurut ahli biologi evolusi, ikan barreley mengembangkan indra penglihatan yang kuat sebagai akibat lingkungan yang keras. Tidak ada sinar matahari dapat menembus kedalaman 600 meter, tempat ikan itu bermukim.

Mata ikan itu dikenal sebagai mata tubular, yang biasa dimiliki mahluk laut dalam. Mata terdiri dari retina berlapis-lapis dan lensa besar, yang memungkinkan ikan mendeteksi cahaya maksumum dalam satu arah.

Tahun 2019, sebuah studi menunjukan mata ikan yang tidak biasa daat berputar di dalam perisai transparan yang menutupi kepalanya. Kemampuan ini memungkinkan ikan mencari makanan dan maju untuk melihat sebelum memakannya.

Para ahli biologi kelautan juga menemukan ikan barreley menggunakan sirip besar dan rata untuk tetap tidak bergerak di dalam air. Artinya, saat itu mahluh di sekitarnya tidak bisa melihatnya dengan jelas.

Pemangsa yang mengintai di atasnya juga tidak dapat menemukannya, tapi ikan barreley dapat melihat ke atas untuk berburu ikan makanannya.

Setelah mengidentifikasi mangsa yang cocok dengan seleranya, ikan barreley akan keluar dari kegelapan laut, menyerang dengan cepat, dan menelan mangsanya.

Untuk menghindari cahaya matahari saat bergerak di perairan dangkal, mata ikan itu berputar agar dapat melihat situasi di depannya saat berenang.

Mata hijau terang ikan itu membuat peneliti percaya mahluk ini telah mengembangkan bentuk filter cahaya yang membuatnya mengabaikan sinar matahari, dan melihat bioluminesensi ikan kecil dan ubur-ubur, dua makanan favoritnya.