5 Hal Penting yang Kamu Dapatkan di Dunia Metaverse, Milenial-Gen Z Catat Nih!

Selasa, 21 Desember 2021 – 13:02 WIB

Ilustrasi metaverse

Ilustrasi metaverse

JAKARTA, REQnews - Dunia metaverse kini tengah naik daun, seiring terus berkembangnya ekosistem digital secara global, dengan bonus pertumbuhan generasi milenial dan Gen Z yang mendominasi.

Banyak yang bertanya-tanya, apa sebenarnya yang bisa dilakukan di dalam metaverse?

Menurut Professor of Collaborative Computing dari Universitas Nothingham, Steve Benford, ada 5 hal yang bisa didapatkan dari keterlibatan di dalam dunia metaverse. Bahkan, jagat virtual yang satu ini menawarkan aktivitas layaknya di dunia nyata.

Berikut penjelasan Prof Steve Benford, seperti dikutip dari The Conversations:

1. Virtual Reality

Gara dapat benar-benar menikmati dunia metaverse, Anda memerlukan headset virtual reality (VR), agar bisa benar-benar tenggelam di dalamnya, bagaikan hadir dan hidup dalam dunia tersebut. 

2. Pengembangan Aktivitas Virtual 

Steve menegaskan, bahwa karakteristik metaverse adalah dunia virtual. Aksesnya kian mudah dan dapat dijelajahir melalui komputer, konsol game, seluler atau perangkat lain untuk menikmati grafis serta suara 3D.

3. Persisten

Tak ada batasan dalam metaverse. Dalam artian, Anda dapat mengunjunginya kapanpun. Metaverse ini layaknya jagat media sosial, namun dalam bentuk yang nyaris lebih nyata.

4. Hubungan Sosial

Di dalam jagat metaverse, orang-orang merepresentasikan dirinya sebagai sebuah avatar, yang memiliki beragama kemungkinan, seperti bot, agen virtual hingga manifestasi kecerdasan buatan. Nah, dengan demikian, Anda bisa bergaul hingga melakukan kegiatan secara bersama-sama.

5. Representasi Dunia Nyata

Bayangkan Anda bisa melakukan aktivitas dunia nyata di dalam metaverse. Ya itulah yang terjadi. Konsep yang terus dikembangkan dari metaverse ini adalah, menjadikannya seperti saudara kembar dengan dunia nyata.