Nadine 'Colek' Menteri LHK Soal Lumba-Lumba Mati di Bali, Puluhan Ribu Netizen Ikut Dukung Petisi!

Selasa, 04 Januari 2022 – 19:01 WIB

Nadine Chandrawinata galang petisi untuk selamatkan Lumba-Lumba.

Nadine Chandrawinata galang petisi untuk selamatkan Lumba-Lumba.

JAKARTA, REQnews - Lebih dari 65 ribu orang menandatangani petisi di laman Change.org yang digagas artis cantik Nadine Chandrawinata.

Petisi tersebut menyuarakan desakan kepada sejumlah otoritas agar melepaskan Lumba-Lumba di Bali ke laut. Petisi ini merupakan buntut dari insiden tragis tewasnya 2 Lumba-Lumba di Bali yang mati akibat dieksploitasi sebagai objek atraksi.

"Bulan Mei kemarin, aku dan teman-temanku buat petisi supaya lumba-lumba di Bali dilepaskan ke laut karena mereka dieksploitasi jadi atraksi," tulis Nadine dalam petisi tersebut, dikutip Selasa, 4 Januari 2022.

"Kami udah bertemu dengan perwakilan KLHK. Ketemunya bahkan publik, di IG Live Change.org. Di sana, Ibu Indra dari KLHK bilang kalau setelah 3 bulan, lumba-lumbanya akan direhabilitasi dan akhirnya dilepas ke laut," lanjutnya.

Namun faktanya, setelah 6 bulan Lumba-Lumba tersebut tak kunjung dikembalikan ke habitat aslinya.

"Lumba-Lumba itu masih diletakkan di kolam kecil dan sempit, kepanasan, jadi atraksi dan akhirnya dua di antaranya mati," cerita Nadine.

Nadine pun mempertanyakan janji dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menyelamatkan Lumba-Lumba tersebut yang tak kunjung ditepati.

"Kemarin kami sudah kirim surat, minta respon dari KLHK. Semoga dijawab, ya. Tapi saling menunggu, yuk kita suarakan lagi supaya lumba-lumba ini dilepaskan ke laut," ajak Nadine.

Untuk ikut mendukung petisi ini, kamu bisa mengakses lewat tautan berikut:

https://www.change.org/p/balaiksda-bali-sitinurbayalhk-kementerianlhk-lepaskanlumbalumba-di-bali-kembali-ke-laut/psf/share?cs_tk=AlR5a1nK9w6vSBB422EAAXicyyvNyQEABF8BvOwG6z_-dvSBIvHnC_HYMt0%3D&utm_campaign=e055786bbe5541fdb994a84b662cdf13&utm_content=initial_v0_4_0&utm_medium=email&utm_source=aa_sign_ask&utm_term=cs