IFBC Banner

4 Dampak Sosial dari Masalah Obesitas Ini Patut Jadi Peringatan Buatmu

Minggu, 09 Januari 2022 – 01:03 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Obesitas atau berat badan berlebih, disebut menjadi pembunuh nomor satu manusia di Bumi saat ini. Bahkan, jumlah orang yang meninggal akibat masalah tersebut, jauh lebih tinggi dibanding kematian karena usia tua.

IFBC Banner


Di balik bahayanya obesitas pada individu, yang terburuk adalah dampak sosial bagi orang yang menderitanya.

Setidaknya, ada 4 dampak sosial yang bakal dialami seorang penderita obesitas, dan ini dapat menimbulkan bahaya baru pada mental seseorang. Berikut ulasannya.

1. Tidak Percaya Diri

Kurangnya rasa percaya diri akan tumbuh pada orang yang mengalami obesitas, karena tubuhnya yang terlalu besar. Rasa minder dan tidak sempurna, akan merasuki pikiran dan mengganggu kejiwaan.

2. Kurang Pergaulan

Dampak selanjutnya, adalah efek dari rasa tidak percaya diri, yakni kurang pergaulan. Ya, merasa dirinya tidak memiliki tubuh seperti orang lain, akan berdampak pada menghindari pertemanan, atau parahnya tidak ada yang mau menjadi teman.

3. Menarik Diri dari Lingkungan

Karena tak banyak interaksi akibat kurangnya pergaulan, seseorang dengan masalah obesitas memiliki kecenderungan menarik diri dari lingkungannya. Ini berbahaya, karena akan menimbulkan depresi.

4. Tidak Disukai dalam Lingkungan Kerja

Pun bila seorang penderita obesitas bekerja dalam sebuah lingkungan kantor, ada kecenderungan ia dianggap lamban dan tidak seproduktif orang lain, serta tidak gesit dalam melakukan pekerjaan.