Arab Saudi Bikin Geger Lagi! Penari Samba Seksi Ramaikan Festival Kerajaan, Bukti Makin Sekuler?

Kamis, 13 Januari 2022 – 17:01 WIB

Penari Samba seksi muncul ramaikan festival kerajaan Arab Saudi.

Penari Samba seksi muncul ramaikan festival kerajaan Arab Saudi.

ARAB SAUDI, REQnews - Arab Saudi kembali menjadi sorotan dunia lantaran menunjukkan banyak perubahan yang dinilai semakin memperlihatkan sekularisasi. Yang terbaru, Arab Saudi mengejutkan publik dunia hingga menuai kontroversi lantaran kemunculan penari Samba seksi di festival kerajaan.

Dilansir dari Al-Araby, Kamis, 13 Januari 2022, tiga penari asing muncul di Festival Musim Dingin Jazan, akhir pekan kemarin. Tanpa sungkan, mereka bergoyang meliukkan tubuhnya, memperlihatkan kaki, lengan hingga perut secara terbuka.

Hal ini kian menghebohkan, pasalnya ditayangkan pula di TV pemerintah, El-Ekhbariya. Meski demikian, tampak sejumlah bagian tubuh penari diblur atau dikaburkan.

Rekaman video para penari seksi itu juga viral di media sosial negara tersebut. Mereka muncul di parade, melakukan tos dengan warga didampingi para pria penabuh genderang.

Seorang wartawan BBCWorld juga membagikan potongan video kemunculan para penari Samba ini dalam Twitternya. Dikutip dari akunnya @sebastianusher terlihat bagaimana para penari berlenggak-lenggok dengan pakaian bulu minim berwarna biru.

Sejumlah warga Saudi tampak tak bereaksi berlebihan karena menganggap aksi penari tersebut wajar dan menghibur. Namun tak sedikit warga yang menolak dan melontarkan kritik pedas.

"Kami telah lupa bahwa kami adalah negara Muslim. Ini telah memulai pelanggaran moral dan kesalahan yang tidak perlu," tulis seorang pengguna netizen, dikutip dari middleeasteye.net.

Sementara itu, terkait hal ini, Gubernur Jazan, Pangeran Mohammed bin Nasser langsung memerintahkan penyelidikan atas keberadaan para penari Samba. Hal tersebut diumumkan secara resmi di akun Twitter-nya.

"[Pangeran Mohammed] dengan cepat mengarahkan penyelidikan terkait partisipasi kelompok tari dalam kegiatan pusat kota di Festival Musim Dingin Jazan 2022 dan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah pelanggaran apa pun," cuitnya.