Umur 20-an Wajah Sudah Terlihat Tua Bangka? Pasti 4 Hal Ini Penyebabnya

Jumat, 14 Januari 2022 – 06:02 WIB

Ilustrasi penuaan dini

Ilustrasi penuaan dini

JAKARTA, REQnews - Tak sedikit orang merasa kurang percaya diri akibat penuaan dini yang tidak sewajarnya, semisal usia baru menginjak 20 tahunan, tapi tampak seperti 40 tahun.

Ya, masalah penuaan dini ini harus menjadi pehatian serius yang dampaknya hingga ke kondisi psikis, bagi orang-orang yang mengalaminya.

Namun, masalah ini bukan hanya soal gen atau bawaan keturunan. Terlihat tua tak sesuai usia, bisa jadi disebabkan oleh gaya hidup yang serampangan dan menjadi kebiasaan.

Adapun kebiasaan-kebiasaan ini terkadang tidak disadari memberi efek negatif untuk tubuh. Mengutip dari klikdokter.com, inilah perilaku buruk yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih cepat menua:

1. Sering Begadang

Dalam studi yang dilakukan Rumah Sakit St Joseph Amerika Serikat, begadang dan kurang tidur dapat menurunkan harapan hidup seseorang. Jumlah tidur yang kurang dari tujuh sampai delapan jam akan membuat tubuh cepat tua dan rasa lelah di siang hari.

2. Terlalu Lama Nonton TV

Setiap empat jam waktu yang dihabiskan untuk menonton TV akan mengurangi harapan hidup sebanyak 22 menit. Ini adalah hasil penelitian dari British Journal of Sports Medicine. Rajin berolahraga adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah ini.

3. Stres Berkepanjangan

Stres memicu peningkatan hormon kortisol dan norepinefrin yang memicu menurunnya imunitas. Stres pun dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit lainnya yang mengancam kesehatan tubuh.

4. Sering Konsumsi yang Manis

Makan atau minuman yang manis jika dikonsumsi terus-menerus akan membuat kadar gula menjadi meningkat dalam tubuh. Gula dalam darah akan berikatan dengan protein dan membentuk Advanced Glycation End Product (AGE). Semakin banyak gula, maka semakin banyak AGE yang merusak protein tubuh. Anda akan terlihat lebih tua jika banyak protein yang rusak.