Indahnya Empat Lokasi Wisata di Kalimantan Timur Dekat Ibu Kota Baru

Senin, 24 Januari 2022 – 06:03 WIB

Danau Labuan Cermin (Foto: Istimewa)

Danau Labuan Cermin (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Baru-baru ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyetujui nama ‘Nusantara’  sebagai nama baru ibu kota yang berada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Kalimantan Timur merupakan wilayah provinsi dengan kepadatan penduduk terendah nomor empat di Indonesia. Sebagian wilayah geografis Kalimantan Timur didominasi oleh hutan hujan tropis yang dihuni ratusan satwa endemik. Tak heran banyak wisata alam yang berada di Kalimantan Timur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 wisata calon ibukota baru Indonesia Kalimantan Timur:

Pantai Nipah-Nipah

Sebagai wilayah yang hampir semua wilayahnya dikelilingi oleh laut, Kalimantan juga dikenal dengan wisata pantainya. Namun, lokasi Pantai Nipah-Nipah tidak begitu jauh dari pusat kota.

Pantai Nipah Nipah biasanya sering menjadi lokasi acara besar yang diadakan pemerintah kabupaten Penajam Paser Utara. Lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari pusat kota, sekitar enam sampai tujuh kilometer dari kelurahan Nipah-nipah, Kecamatan Penajam.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dengan Ekowisata Mangrove Penajam. Dari Pantai Nipah Nipah para pengunjung bisa melihat kota Balikpapan.

Rekreasi Lembah Hijau

Wisata jarang terekspos pertama di Kalimantan Timur adalah taman rekreasi lembah hijau. Taman ini terletak di ibu kota provinsi yaitu Samarinda. Taman ini memiliki replika hutan yang lengkap dengan berbagai jenis kayu khas hutan Kalimantan yaitu, rotan, kolam pemancingan , dan sebagainya.

Adapun fasilitas outbond dan wahana permainan seperti flying fox, waterboom, dan jaring panjat juga tersedia.

Gua Haji

Selanjutnya Gua Haji yang terletak di Pulau Maratua, kepulauan Derawan, Provinsi Kalimantan Timur. Gua ini termasuk wisata Kalimantan Timur yang jarang terekspos keindahannya.

Penyebutan nama gua ini dikarenakan pintu masuk menuju danau air payau yang jernih kebiruan ini harus melewati mulut gua terlebih dahulu. Pemandangan indah sekaligus menyeramkan akan menyambut kamu saat pertama kali melewatinya. Saking jernihnya, jika kamu melihat lebih dalam ke arah danau, maka akan terlihat seperti ada jurang di bawah sana.

Danau Labuan Cermin

Adalagi keajaiban wisata alam di Kalimantan Timur yang wajib kamu datangi yaitu, Danau Labuan Cermin. Danau ini adalah surge bawah laut yang terletak di Labuan Kelambu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Layaknya cermin, air danaunya sangatlah jernih jadi kamu bisa melihat bayanganmu sendiri di permukaan air. Selain itu, keistimewaan lainnya adalah di bagian atas danau adalah air tawar sedangkan bagian bawahnya adalah air asin.

Kedua jenis air ini tidak bercampur sama sekali!