Hai Anak Gunung, Sudah Coba Uji Adrenalinmu di Gunung Jonggol?

Senin, 24 Januari 2022 – 01:06 WIB

Gunung Batu Jonggol (Foto @mfm_ihsan)

Gunung Batu Jonggol (Foto @mfm_ihsan)

BOGOR, REQNews - Gunung Batu Jonggol berada di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Meski gunung ini tidak terlalu tinggi yakni hanya sekitar 875 mdpl, namun perjalanan menuju puncak cukup untuk membuat adrenalinmu terguncang.

Hanya membutuhkan sekitar 1 -2 jam saja untuk sampai ke puncaknya. Namun, walau tergolong pendek, medan pendakiannya cukup menantang. Pendaki yang sudah biasa naik gunung pun bisa kewalahan karena medannya curam dan harus menggunakan bantuan tali.

Di saat musim kemarau, rute ini bisa berdebu, sehingga pastikan untuk selalu mengenakan masker. Sementara saat musim hujan, tanahnya bisa sangat licin dan membuat seseorang terpeleset.

Di gunung ini kamu juga bisa camping, karena ada area camping ground di Shelter II. Di sinilah biasanya para campers mendirikan tenda untuk bermalam.

Dari sini, jalur pendakiannya mulai didominasi bebatuan dengan medan yang terus menanjak hingga sampai puncak.

Hampir semua tanjakannya terjal dengan tingkat kemiringan di atas 30 derajat. Karenanya pendaki akan dibantu tali webbing untuk memudahkan pendakian.

Disarankan bawa sarung tangan agar kulit telapak tangan kamu tidak lecet atau melepuh saat berpegangan pada tali.

Walau butuh perjuangan, semuanya akan terbayar begitu tiba di puncak. Kamu akan disuguhkan pemandangan hamparan sawah dan barisan bukit hijau di kejauhan, selain juga Gunung Gede Pangrango sebagai latarnya.