IFBC Banner

Museum of The Future Dubai Ajak Wisatawan ke 2027

Minggu, 27 Februari 2022 – 14:02 WIB

Ilustrasi Museum of The Future Dubai (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Museum of The Future Dubai (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Dubai memang tidak pernah gagal membuat traveler terkesan dengan wisatanya. Salah satu wisata baru yang paling membuat traveler seluruh dunia terkagum adalah Museum of The Future Dubai.

Disebut-sebut sebagai museum terindah di dunia, Museum of The Future Dubai di desain begitu Begitu megah dan mewah.

Museum yang baru diresmikan pada Selasa lalu ini memiliki interior yang mencerminkan keindahan fasad bangunan yang menakjubkan. Langit-langitnya melengkung berwarna putih dengan ukiran kaligrafi 3D seakan membawa wisatawan lewati lorong ke masa depan.

Dindingnya yang berdesain kaligrafi, dibingkai tangga spiral dengan desain yang rumit. Di dalam juga terdapat elevator berbentuk kapsul yang akan membantu perjalanan wisatawan ke masa depan.

Saat berkunjung ke museum, pengunjung disambut oleh penguin perak mengambang yang diterbangkan melalui teknologi terbaru.

Pengunjung akan dibawa tur selama dua jam dibagi menjadi lima pameran yang terletak di lantai yang berbeda, OSS Hope (Stasiun luar angkasa), Heal Institute, Al Waha (Oasis), Tomorrow Today dan Future Heroes.

OSS Hope

Perjalanan dimulai di Mohammed bin Rashid Space Port dimana Aya, penduduk digital Museum of The Future muncul di layar untuk menyambut pengunjung di tahun 2071.

Wisatawan disambut di atas pesawat luar angkasa, replika pesawat NASA tahun 1981 untuk lepas landas ke OSS Hope yang terletak di 600 km di atas bumi.

Setelah penerbangan selama 4,5 menit, pengunjung melihat Dubai pada tahun 1971 melalui jendela pesawat dengan pemandangan yang menakjubkan. Setelah berlabuh di OSS Hope, pengunjung diantar ke pusat komando stasiun di mana ada pemandangan bulan dan galaksi yang lebih luas. OSS Hope yang dinamai berdasarkan lima pilar keberlanjutan, inovasi, kreativitas, kemanusiaan dan harapan bertujuan memberi pengunjung harapan tentang masa depan Dubai dan dunia serta membuat wisatawan optimis tentang hal yang belum mereka ketahui.

Al Waha

Selanjutnya, pengunjung akan diajak menuju ke museum yang bernama Al-Waha (Oasis). Dalam upaya mempromosikan pentingnya kesejahteraan mental dalam bentuk masa depan, Al Waha mengajak pengunjung beristirahat dari teknologi dan kembali terhubng dengan jiwa,pikiran dan tubuh mereka. Menggunakan teknik meditasi dan relaksasi yang berbeda, pasir virtual tanpa panas mendorong orang untuk berdiri bersama membentuk lingkaran besar.

Feel station memberikan pengunjung pijatan tangan melalui gelombang supersonik dari perangkat terjaring, Grounding Station menggunakan gong yang mengingatkan pada peradaban kuno yang menghasilkan getaran dan Connect Station yang mengundang enam orang untuk duduk mengelilingi meja interaktif dan bersenandung melalui speaker.

Hutan Virtual

Selanjutnya dalam pengalaman interaktif, pengunjung dibawa ke stasiun dimana mereka bisa mengambil peran untuk enam misi, seperti duta besar koloni mars untuk bumi, pilot armada asteroid atau perancang bio junior di orbit bumi. 

Perjalanan Masa depan ke Pameran Tomorrow Today

Kemudian, pengunjung naik lift ke pameran Tomorrow today, dimana sebuah perjalanan ke masa depan yang menampilkan lebih dari 50 prototipe dan produk teknologi saat ini yang bertujuan mengatasi tantangan di masa depan. Mobil self-driving futuristik, jet suit, drone dan robot elang ditampilkan untuk menyoroti lima bidang utama yang membantu membangun masa depan yang lebih baik.

Lima area tersebut adalah kota dan komunitas masa depan, solusi pertanian dan irigasi, ketahanan pangan bagi kemanusiaan, pengelolaan sampah berkelanjutan dan perlindungan lingkungan. Pameran ini pun menjawab pertanyaan, Apa yang bisa kita harapkan dalam 50 tahun ke depan dari sekarang? Penemuan dan desainnya akan menjawab pertanyaan itu.

Area Future Heroes

Pemberhentian terakhir adalah area anak-anak Future Heroes yang menampilkan berbagai permainan yang melibatkan panca indera dan memanfaatkan imajinasi anak-anak dan meningkatkan pemikiran kritis mereka.

Pengalaman untuk anak 3-10 tahun ini memungkinkan anak untuk tetap terlibat untuk membangun masa depan.

Gimana gais? Keren banget kan! 

Tiket Museum of the Future dibanderol sekitar Rp 560.000 dan dapat dipesan melalui situs resminya. Anak di bawah usia tiga tahun dan penduduk senior digratiskan tiket masuk.