IFBC Banner

Dunia Soroti Kerennya Pemilu di Korea! Pakai Teknologi AI hingga 2 Capres Joget 'Next Level' aespa

Jumat, 11 Maret 2022 – 08:01 WIB

Pemilihan Presiden di Korea Selatan

Pemilihan Presiden di Korea Selatan

JAKARTA, REQnews - Pemilihan Presiden Korea Selatan 2022 tengah menyita perhatian publik dunia termasuk para pecinta Kpop.

IFBC Banner


Terlebih girl group aespa ikut muncul sebagai backsound selama pilpres berlangsung. Tak hanya itu, animasi dari kedua kandidat presiden bahkan tampil menarikan lagu "Next Level".

Seperti diketahui, selama beberapa hari terakhir Negeri Ginseng memang tengah berfokus menggelar proses pemilihan presiden. Kandidat Presiden dari Partai Demokrat, Lee Jae Myung, berhadapan dengan kandidat oposisi Partai Kekuataan Rakyat, Yoon Suk Cheol.

Menariknya, penghitungan voting secara real time tak hanya menyedot perhatian warga Korsel tapi juga publik internasional. Salah satu faktor yang membuat banyak pihak tertarik adalah cara televisi Korea menyiarkan penghitungan suara.

Salah satu stasiun televisi menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang menggambarkan wajah dari kedua kandidat. Animasi tersebut digabungkan dengan video semacam CGI (Computer Generated Imagery).

Stasuin televisi SBS memperlihatkan dua calon presiden tersebut menari lagu "Next Level" dari aespa. Mereka menirukan adegan yang ditarikan oleh Karina, Winter, Giselle, dan Ningning.

Animasi calon Presiden Korea tersebut menggunakan latar padang pasir dengan bangunan dan mobil yang terbengkalai. Kemungkinan background tersebut diambil dari konsep film Mad Max (2015).

Sembari menari Next Level, muncul keterangan berapa perolehan suara yang didapatkan oleh masing-masing kandidat.

Tidak hanya menari lagu Kpop, video lain juga memperlihatkan kedua capres yang saling berlomba dalam speed skating. Kecepatan yang diraih keduanya disesuaikan dengan jumlah voting.

Inovasi yang digunakan Korea Selatan dalam Pilpres 2022 ini sukses membetot perhatian publik terutama generasi muda. Hal ini pun banyak menuai pujian termasuk dari netizen Indonesia.

Sementara itu, diketahui saat ini Yoon Suk Cheol dari Partai Kekuataan Rakyat terpilih sebagai Presiden baru Korea Selatan usai meraih kemenangan suara dalam proses pemilihan.