IFBC Banner

MT Kaplan, Tank Produksi Turki-Indonesia Diluncurkan

Rabu, 16 Maret 2022 – 13:37 WIB

Foto: Daily Sabah

Foto: Daily Sabah

Ankara, REQNews.com -- Turki, Selasa 15 Maret, melepas pengiriman pertama MT Kaplan -- tank menengah produksi bersama FNSS dan perusahaan pertahanan Indonesia PT Pindad -- ke Indonesia.

"Tank ini dibuat dengan model kerjasama bisnis antara perusahaan Turki dan Indonesia, dan juga merupakan contoh kerjasama kedua negara," kata Ismail Demir, Presiden Insutri Pertahanan Turki (SSB) seperti dikutip Daily Sabah.

Sebagaian MT Kaplan diproduksi di Turki, dan sebagian lagi akan dikembangkan di Indonesia. Proyek ini juga termasuk alih teknologi.

Produksi massal, lanjutnya, telah dimulai dan akan berlanjut. Ia juga mencatat ekspor industri pertahanan tidak hanya berorientasi bisnis tapi juga mencerminkan kerja sama dan transfer teknologi.

"Model yang kami kirim ke negara sahabat dan sekutu adalah contoh," kata Demir.

Neil Kurt, general manager FNSS, mengatakan proyek ini menandai tonggak penting kerjasama industri pertahanan, dan menunjukan betapa bermanfaatnya proyek win-win antarnegara.

Proyek MT Kaplan dimulai setelah kesepakatan antara SSB dan pemerintah Indonesia ditandatangani. Setelah pengembangan prototipe, FNSS menyelesaikan uji ketahanan dan penembakan di Indonesia.