IFBC Banner

Hobi Minum Kopi Malam Hari? Ini 3 Bahaya yang Mengintaimu

Rabu, 23 Maret 2022 – 04:09 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Minum kopi di pagi hari tentu saja akan menambah energi sebelum beraktivitas, sebagaimana banyak orang melakukannya. Tapi, apa jadinya kalau kebiasaan minum kopi, justru dilakukan sore atau malam hari?

Apalagi, kebanyakan orang Indonesia saat ini sering nongkrong di kafe pada sore atau malam hari, sambil menyeruput kopi. Adakah dampak bahayanya bagi kesehatan?

Kebiasaan ini ternyata benar-benar buruk. Mengutip Livestrong, ada sederet dampak tak baik bagi tubuh akibat kebiasaan ngopi di malam hari, tiga di antaranya adalah berikut ini:

1. Insomnia dan Gangguan Tidur

Ini adalah efek umum dari konsumsi kopi. Bila kamu meminumnya sore atau malam hari, maka kandungan kafeinnya akan berpotensi besar mengakibatkan sulit tidur, gelisah dan gangguan lainnya.

2. Lapar Tengah Malam

Buat kamu yang menjalani program diet, sebaiknya hindari kopi pada sore atau malam hari. Karena dampaknya bakal membuat perutmu lapar hebat.

Pendiri Nutrition Happens May Zhu mengingatkan, kafein dapat membuat rasa lapar saat malam hari, yang mengakibatkan seseorang akhirnya kesulitan mengontrol pola makan, sehingga dampak luasnya bisa sampai ke obesitas.

"Ingat bahwa konsumsi secara seimbang makanan dengan protein dan karbohidrat kaya serat sepanjang hari bisa mencegah makan berlebih di malam hari," ujar Zhu.

3. Gangguan Ritme Tubuh

Setiap hari, tubuh membutuhkan tidur setidaknya 7 sampai 8 jam. Namun, minum kopi malam hari dapat mengganggu total waktu istirahat yang dibutuhkan.

"Karena kafein bisa menstimulasi sistem saraf pusat agar kita tetap terjaga dan waspada, mengonsumsinya dekat waktu tidur bisa mengganggu total waktu tidur dalam yang kita butuhkan agar bisa merasa segar," kata Zhu.

"Hal ini bisa membuatmu kesulitan tidur sehingga mengganggu pola alami bangun dan tidur tubuh," ujarnya menambahkan.

Berdasar penelitian yang dipublikasikan pada Februari 2017, kafein diketahui tak hanya memperpanjang waktu yang dibutuhkan seseorang hingga tertidur namun juga menurunkan kualitas tidur.

Dalam jangka panjang, kebiasaan minum kopi sore hari bisa menimbulkan dampak kesehatan dalam jangka panjang berupa meningkatnya risiko depresi, diabetes, dan masalah jantung.