Rumah Tempat Mark Zuckerberg Membangun Facebook Dijajakan dengan Harga Rp 77,2 Miliar

Kamis, 12 Mei 2022 – 14:59 WIB

Foto: New York Post

Foto: New York Post

California, REQNews.com -- Sebuah rumah di Silicon Valley, tempat Mark Zuckerberg dan Dustim Moskovitz membangun jejaring sosial Facebook, kali pertama dijajakan ke pasar dengan harga 5,3 juta dolar AS, atau Rp 77,2 miliar.

Rumah biru sederhana, dengan pintu dicat kuning, kali pertama dibangun tahun 1998. Terdiri dari enam kamar dan empat setengah kamar mandi, rumah ini hanya sekali pernah disewakan sejak 2004.

Penyewa pertamanya adalah Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz dan Sean Parker. Saat itu Moskovtiz dan Sean Parker berusia 19 dan 24 tahun. Zuckerberg berusia 21 tahun.

Judy Fusco, pemilik rumah itu, punya kenangan menarik soal rumah itu. Saat itu ia baru selesai merenovsi rumah dan mencari penyewa. Tiba-tiba, ia kedatangan tiga orang -- yang salah satunya dikenal dunia sebagai miliarder.

"Mark Zuckerberg berdiri di luar, dan tidak pernah masuk untuk melihat bagian dalam rumah," kata Fusco kepada New York Post. "Sean dan Dustin berlari menaiki tangga depan dan masuk ke rumah itu."

Mark, masih menurut Fusco, bertanya apakah bisa menyewa rumah ini. "Saya merasa aneh orang akan menyewa tanpa melihat bagian dalam rumah," kenang Fusco.

Tak lama kemudian Mark Zuckerberg menulis cek dan Fusco membacanya. Saat itu Mark Zuckerberg bergumam tentang apa yang akan dilakukan di rumah itu.

"Mark mengatakan akan membangun perusahaan bernama Facebook, dan bagaimana perusahaannya menghubungkan orang-orang di seluruh dunia," kata Fusco.

Fusco juga masih belum lupa dengan penampilan Mark Zuckerberg saat itu. Seingatnya, Mark saat itu mengenakan celana pendek, jersey hitam, tudung khas, dan sandal.

"Setelah dia berceloteh tentang perusahaan yang akan dibangun, saya katakan tidak peduli dengan perusahaan yang Anda akan bikin. Saya akan memeriksa cek Anda, jika tidak ada dananya, Anda tidak boleh menempati rumah ini," kata Fusco saat itu.

Setelah itu adalah sejarah. Keajaiban teknologi dibangun di rumah mungil milik Fusco.

Fusco tidak memikirkan alasan penting Zuckerberg menyewa rumah itu. Ia juga tidak tahu ketika Zuckerberg dipaksa pindah dari Palo Alto menyusul insiden yang melibatkan tali zip diikat di sekitar cerobong asap dan mengarah ke lolam renang. Insiden itu diabadikan dalam film The Social Network.

Sewa bulan pertama yang diminta Fusco sebesar 10 ribu dolar. Mark Zuckerberg membayar dengan cek. Dua pekan kemudian, pada 14 September 2004, Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, dan Sean Parker, plus sejumlah orang tak dikenal, memasuki rumah itu.

"Hanya ada enam kamar tidur," kata Fusco. "Di ruang berjemur, 10 pekerja magang meringkuk di tempat tidur susun."

Fusco tidak tahu berapa orang yang tinggal di tempat itu selama pembangunan Facebook. Yang pasti banyak. Rumah nyaris meledak dengan insinyur-insiyur muda di dalamnya.

Zuckerberg menyebut rumah itu Casa de Facebook, atau Istana Facebook. Fitur rumah, termasuk ruang tamu banyak jendela ceruk dan balkon, ruang hiburan, dibanjiri cahaya alami. Dapur rumah dilengkapi peralatan baji antikarat dan tempat sarapan.

Sepotong sejarah Lembah Silikon ada di rumah ini.