Waduh......!! Penggemar BTS Boikot Album Antologi Proof

Kamis, 12 Mei 2022 – 21:11 WIB

Foto: Korea Times

Foto: Korea Times

Seoul, REQNews.com -- Sejumlah penggemar BTS, raksasa K-Pop saat ini, memboikot album antologi Proof yang akan dirilis karena berisi lagu yang ditulis Bobby Chung -- terduga pelaku pelecehan seksual terhadap mantan pacar dan merekam video seks ilegal dirinya.

Chung, yang bernama asli Chung Dae-wook, adalah salah satu komposer di balik Filter, lagu solo bergaya latin yang dinyanyikan Jimin, anggota BTS, dan dirilis tahun 2020.

Penulis lagu Love Maze (2018) itu kini sedang diadili setelah mantan pacarnya mengajukan pengaduan dilecehkan secara seksual, dan video seks-nya direkam secara ilegal.

Song, demikian nama marga pacaa Chung, bunuh diri 2020 setelah membuat tuduhan itu.

Beberapa penggemar mengatakan tidak pantas Filter masuk dalam rilisan BTS 10 Juni mendatang. Kepada Korea Times, penggemar BTS, mengatakan grup idola mereka menyampaikan pesan anti-kekerasan dan anti-diskriminasi melalui musiknya.

Banyak fans BTS percaya grup terdiri dari tujuh orang itu harus menghapus Filter, sebagai tanda ketulsuan. Jika tidak, reputasi BTS ternoda.

Sebelumnya, Big Hit Entertainment -- manajemen pengelola BTS -- mengatakan anggota BTS yang memutuskan trek mana yang akan ditempatkan di Proof. Kepada media lokal, Big Hit tidak mengomentari masalah yang sedang terjadi.

Sikap Big Hit tidak ubahnya menyiram bahan bakar ke api yang menyala. Artinya, akan muncul kemarahan semakin besar di kalangan penggemar. Itu terlihat dari kecaman sejumlah fans kepada Big Hit.

"Diam artinya menyetujui Filter tetap ada di album antologi itu," kata seorang fans BTS di Twitter. "Saya harap Filter tidak dimasukan dalam daftar set konser BTS di mana pun."

Penggemar lainnya menulis; "Saya tidak akan menghabiskan uang untuk album yang akan datang, karena tidak ingin membantu Bobby Chung -- yang mengantar seorang perempuan ke kematian dan menyewa pengacara untuk membela dirinya."

Proof adalah album tiga CD yang merayakan ulang tahun kesembilan BTS. Grup ini membuat debut tahun 2013 lewat lagu No More Dream menuliskan sejarah kariernya lewat album itu.

Sejak Butter (2021), Proof adalah rilis resmi pertama.