IFBC Banner

ARMY Sabar! Pemerintah Korsel Tegaskan BTS Tetap Wamil, Prestasi Internasional Gak Bisa Jadi Alasan

Minggu, 15 Mei 2022 – 17:01 WIB

BTS

BTS

JAKARTA, REQnews - Kabar kurang menyenangkan nih buat para ARMY! Kim Yong-Moo, perwakilan pihak Administrasi Tenaga Kerja Militer Korea Selatan menegaskan bahwa berbagai penghargaan internasional yang diterima BTS selama ini tidak bisa dijadikan alasan pembebasan mereka dari aturan wajib militer.

Pasalnya, kata dia, penghargaan tersebut tidak diberikan berdasarkan kriteria penilaian tertentu melainkan berdasarkan suara penggemar atau terkait penjualan album.

Jenis penghargaan semacam itu dianggap tidak bisa digunakan untuk mendapat pengecualian wajib militer.

Dilansir dari All Kpop, Minggu, 15 Mei 2022, pemerintah Korea hanya mengizinkan pengecualian wajib militer bagi para atlet nasional yang memenangkan medali di ajang Olimpiade atau Asian Games karena prestasi tersebut dianggap sebagai kontribusi untuk mengangkat prestise negara di mata internasional.

Selain atlet nasional, pengecualian juga bisa diberikan pada musisi yang berhasil memenangkan penghargaan internasional tertentu.

Pernyataan dari pihak Administrasi Tenaga Kerja Militer Korea Selatan ini seolah memupuskan harapan para ARMY yang menginginkan para member BTS dibebaskan dari tugas wamil.

ARMY cukup terkejut dengan hal ini karena sebelumnya, Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korsel, Hwang Hee sempat merilis pernyataan bahwa BTS perlu dipertimbangkan untuk masuk dalam pengecualian wajib militer karena prestasi mereka di kancah internasional.