IFBC Banner

Rusia Luncurkan CoolCola Sebagai Pengganti Coca Cola

Selasa, 17 Mei 2022 – 22:06 WIB

Foto: The Moscow Times

Foto: The Moscow Times

Moskwa, REQNews.com -- Produsen minuman Rusia meluncurkan tiga produk minuman untuk menggantikan Coca Cola, Fanta, dan Sprite, yang hengkang setelah invasi Moskwa ke Ukraina.

The Moscow Times ketiga produk itu adalah CoolCola, Fancy, dan Street, yang diproduksi produsen minuman Ochakovo.

Sejak Coca Cola Company menangguhkan bisnisnya di Rusia, Maret lalu, tiga merk soda global lenyap dari rak-rak supermarket. Coca Cola mungkin masih bisa ditemukan tapi dengan harga 200 persen lebih mahal.

"CoolCola memiliki rasa yang ikonik," tulis Ochakovo di situsnya. "Fancy diproduksi dengan dua versi rasa; jeruk dan lemon-lime. Street meniru Sprite."

Ochakovo bukan produsen minuman baru, tapi ada sejak era Uni Soviet. Perusahaan berdiri tahun 1978, tapi produksinya terbatas pada minuman tradisional Rusia, seperti kvass -- yang berbasis biji-bijian difermentasi -- dan minuman madu rendah alkohol medovukha.

Namun Ochakovo bukan satu-satunya perusahaan yang memanfaatkan kekosongan rak supermarket akibat kepergian Coca Cola Company. April lalu, Grup Slavda -- perusahaan minuman yang berbasis di Timur Jauh Rusia -- meluncurkan Grink Cola untuk merebut penggemar minuman soda di Rusia.

Syktyvkarpivo, produsen minuman dari wilayah Komi di utara Rusia, meluncurkan minuman soda Komi Cola. Namun, produk keduanya dikeluhkan karena tidak manis dan berkilau.