IFBC Banner

Makin Berjaya! Kpop Tambah Catatan Sejarah, Lagu BTS 'Dynamite' Bakal Diputar di Luar Angkasa

Rabu, 18 Mei 2022 – 22:01 WIB

BTS

BTS

JAKARTA, REQnews - Satu lagi pencapaian ditorehkan industri musik Korea Selatan, Kpop. Boygroup BTS bakal menambah catatan sejarah prestasi mereka karena salah satu lagu hitsnya 'Dynamite' bakal diputar di luar angkasa.

Dilansir dari Korea Ajudaily, Rabu, 18 Mei 2022, peluncuran lagu 'Dynamite' akan dilakukan menggunakan layanan internet ruang nirkabel. Aksi ini merupakan bagian dari program eksperimen luar angkasa Korea Selatan untuk mengirim pengorbit bulan ke atas roket yang diproduksi oleh SpaceX.

Pengorbit bulan pertama Korea Selatan, Korea Pathfinder Lunar Orbiter (KPLO), akan diluncurkan pada 1 Agustus 2022. Lagu BTS tersebut akan ditransmisikan dari orbit bulan menggunakan peralatan internet luar angkasa yang dikembangkan oleh Electronics and Telecommunications Research Institute (ETRI).

ETRI akan menguji apakah dapat menerapkan lingkungan internet nirkabel yang menghubungkan satelit atau robot eksplorasi di bulan menggunakan peralatan internet luar angkasa.

Karena penundaan setidaknya 1,281 detik terjadi ketika data dipertukarkan antara Bumi dan bulan, ETRI telah mengembangkan teknologi node yang memungkinkan internet antarplanet untuk menerima dan mengirim kembali sinyal dengan benar.

Pengorbit yang akan diluncurkan pada Falcon-9 milik SpaceX di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida akan mengorbit di sekitar bulan pada 1 Januari 2023.

Menurut jadwal yang diungkapkan oleh Korea Aerospace Research Institute, sebuah badan antariksa yang bertanggung jawab atas misi bulan, setelah test drive selama sebulan, berbagai misi akan dilakukan pada Desember 2023.

KPLO akan berkeliaran di sekitar bulan dan mencari calon situs pendaratan pendarat bulan pertama Korea Selatan dengan berat lebih dari 1,5 ton yang akan melakukan penelitian ilmiah di permukaan bulan pada awal 2030-an.

Jika berhasil, Korea Selatan akan menjadi negara ketujuh yang meluncurkan pengorbit bulan, setelah Amerika Serikat, Rusia, China, Jepang, Uni Eropa, dan India.