IFBC Banner

Untuk Kaum Sakit Kepala, Wajib Ketahui Efek Samping Sering Minum Paracetamol

Senin, 23 Mei 2022 – 23:02 WIB

Ilustrasi Paracetamol

Ilustrasi Paracetamol

JAKARTA, REQnews - Paracetamol tentu saja merupakan obat yang tak asing bagi orang-orang, yang sering mengalami sakit kepala, sakit gigi, atau sering demam.

Karena mudah dibeli di apotek atau swalayan, bahkan warung-warung kecil, obat ini begitu populer. Padahal, ada efek samping berbahaya bagi orang-orang yang kerap mengonsumsinya.

Mengutip patient.info, berikut adalah beberapa efek Paracetamol jika dikonsumsi tanpa resep dokter dan jangka waktu lama.

 

1. Gangguan Fungsi Otak

Paracetamol bisa menyebabkan gangguan fungsi otak dan menimbulkan disorientasi yang dinamakan ensefalopati, yakni penyakit yang menyerang struktur otak hingga mengganggu kesadaran.

 

2. Masalah Darah

Penyakit langka trombositopenia mengancam siapapun yang begitu sering mengonsumsi Paracetamol. Penyakit ini adalah rendahnya jumlah trombosit.

Kemudian, ada juga penyakit darah lainnya yakni leukopenia, yakni rendahnya jumlah sel darah putih.

3. Kerusakan Organ Dalam

Organ dalam lainnya, seperti ginjal dan hati bisa rusak akibat terlalu banyak mengonsumsi Paracetamol.

Adapun obat ini akan menghasilkan metabolit bernama N-acetyl-p-benzoquinone imine (NAPQI) yang nantinya akan diubah menjadi bentuk non toksik. Namun jika mengonsumsi parasetamol dalam dosis besar dan waktu yang lama maka jumlah NAPQI di dalam tubuh akan melewati batas normal, yang ujungnya mengakibatkan kematian.