IFBC Banner

Daftar Masakan Terbaik di Dunia 2022 Dirilis! Netizen Malaysia Ngamuk, Peringkat Kalah Jauh dari RI

Kamis, 09 Juni 2022 – 07:01 WIB

Sarawak Laksa (Foto: Ilustrasi/Asianinspirations)

Sarawak Laksa (Foto: Ilustrasi/Asianinspirations)

JAKARTA, REQnews - TasteAtlas merilis daftar 50 masakan terbaik di dunia tahun 2022 pada Sabtu, 4 Juni 2022 lalu. Daftar tersebut pun diunggah lewat Twitter resmi mereka.

IFBC Banner


Namun belakangan, daftar tersebut justru menuai polemik terutama di kalangan netizen Malaysia. Banyak netizen Malaysia memprotes daftar yang dirilis TasteAtlas itu lantaran menempatkan Malaysia di peringkat 46 atau posisi 5 terbawah.

Sebagai informasi, TasteAtlas sendiri merupakan situs Kroasia yang rutin mengulas tentang makanan tradisional, resep lokal, dan restoran autentik di seluruh dunia.

Berdasarkan situs web mereka, TasteAtlas menyebut beberapa hidangan terbaik Malaysia yakni Bak Kut Teh, Sarawak Laksa dan Roti Canai.

Daftar masakan terbaik yang dirilis TasteAtlas ini akhirnya membuat warga Malaysia marah. Bahkan, anggota parlemen Bandar Kuching Malaysia Dr Kelvin Yii ikut menanggapi persoalan ini.

Lewat Twitter, dia berkomentar, "Ini (peringkat Malaysia dalam daftar masakan terbaik di dunia) tidak masuk akal! Siapa pun yang menilai ini mungkin mengalami anosmia & ageusia yang lama!".

untuk diketahui anosmia adalah hilangnya sebagian atau semua indra penciuman. Sedangkan ageusia adalah hilangnya indra pengecap.

Banyak netizen Malaysia turut juga mengungkapkan kemarahan mereka di Twitter terkait daftar TasteAtlas tersebut.

"Indonesia & Thailand jauh di atas kita Malaysia. Cukup aneh… Bukan berarti masakah kami sama, tapi 3 negara memiliki selera yang hampir sama. Siapa saja penggunanya?? Apakah mereka orang yang benar-benar menyukai makanan Asia Tenggara? Jika demikian, maka Malaysia tidak akan mendapatkan peringkat yang begitu rendah," komentar seorang netizen.

"Malaysia di (peringkat) 46? Mereka pasti belum pernah mengunjungi Malaysia," timpal netizen lainnya.

Untuk diketahui, dalam daftar 50 masakan terbaik dunia yang dirilis TasteAtlas tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke-14.