IFBC Banner

Ada Lafaz Allah di Lantai, 'The Umbrella Academy Season 3' Tuai Kontroversi! Netflix Banjir Hujatan

Senin, 27 Juni 2022 – 15:01 WIB

Serial 'The Umbrella Academy Season 3'

Serial 'The Umbrella Academy Season 3'

JAKARTA, REQnews - Serial original besutan Netflix, 'The Umbrella Academy Season 3' sudah tayang dengan 10 episode sejak 22 Juni 2022 lalu.

IFBC Banner


Namun alih-alih memuaskan para penonton setianya, kemunculan season 3 serial ini justru berujung kontroversi. Ini lantaran ada salah satu adegan dalam episode-nya yang memuat penampakan lafaz Allah digambar di lantai.

Adegan kontroversial itu menceritakan momen saat karakter Grace menyembah Kugelblitz layaknya Tuhan. Dia membuat berbagai gambar di lantai yang biasa dijadikan simbol agama dan dewa-dewi di dunia. Ada salib, bulan, bintang, mata providence atau mata ilahi.

Para penonton muslim lantas menyadari bahwa ada pula lafaz Allah yang ikut digambar di lantai bersama simbol-simbol lainnya. Grace Hargreeves berdoa di depan simbol-simbol yang telah dibuatnya itu untuk menyembah Kugelblitz yang dianggap sebagai Sang Pencipta.

Adegan ini muncul di akhir di episode 1 dan di pembukaan episode 2. Adegan lafaz Allah digambar di lantai itu lantas ramai diperbincangkan netizen Twitter.

Banyak netizen muslim mengungkapkan kekecewaan mereka dan mengkritik bahkan menghujat Netflix lantaran dianggap tidak menghormati agama Islam.

"Umbrella Academy tidak lagi menyenangkan karena tidak menghormati agamaku," kata netizen dengan akun @98speaarhj.

"Aku tidak tahu dengan agama lain, tapi kami yang beragama Muslim tidak pernah menggambar Allah di lantai. Aku mengerti maksud mengapa digambar di sana, tapi tetap saja invalid," lanjutnya, dikutip Senin, 27 Juni 2022.

Hingga kini, belum ada klarifikasi atau tanggapan dari pihak Netflix terkait kontroversi adegan dalam The Umbrella Academy Season 3 tersebut.