IFBC Banner

Dua Kapal Abad ke-18 Sarat Emas Batangan dan Koin Ditemukan di Perairan Kolombia

Selasa, 28 Juni 2022 – 20:18 WIB

Foto: Ananova

Foto: Ananova

San Jose, REQNews.com -- Dua kapal tak dikenal ditemukan tak jauh dari lokasi galleon Spanyol sarat muatan emas yang ditemukan tahun 2015.

IFBC Banner


Penemuan galleon Spanyol dengan 62 meriam dan tiga tiang mencengangkan dunia karena berisi batangan emas bernilai 17 miliar dolar AS, atau Rp 252 triliun. Kapal itu ditenggelamkan Inggris tahun 1708 dalam Perang Suksesi Spanyol 1701-1714.

Kini, berkat peralatan teknologi baru, penyelam menemukan dua kapal lagi tak jauh dar galleon Spanyol. Pejabat Kolombia melihat dari dekat kapal yang ditemukan di perairan San Jose, dan menemukan artefak sejarah yang mengesankan berupa batangan emas dan pedang kru.

Penyelam juga memfilmkan koin emas berserakan di dasar laut. Ada meriam, berbagai pot tanah liat, haluan salah satu kapal yang masih terpelihara meski kehidupan laut berusaha mengambil alih.

Kapal terdudu di dasar laut dengan sebagian tubuhnya tertelan pasir. Tidak jauh dari salah satu meriam yang tergolek di dasar laut ditemukan segenggam koin emas.

Kekayaan artefak itu menunggu diselidiki. Pihak berwenang Kolombia mengatakan dua kapal itu tampaknya kapal kolonial dan sekunar yang diperkirakan berasal dari periode yang sama galleon Spanyol, yaitu tahun 1810. Artinya, kapal itu telah tertidur 200 tahun.


Diumumkan Presiden

Temuan dua kapal itu diumumkan Presiden Kolombia Ivan Duque. Menurutnya, dua kapal itu ditemukan di dekat perairan dangkal San Jose. Seperti galleon Spanyol, dua kapal ini -- berangkat dari pelabuhan Cartagena de Indias -- ditenggelamkan oleh Inggris.

Pemburu harta karun menyebut salah satu kapal itu sebagai 'cawan suci' kapal karam, karena membawa barang berharga dalam jumlah besar. Gambar dari dekat dua kapal itu membuktikan asumsi itu.

Presiden Duque mengatakan; "Kami telah menemukan dua kapal tambahan; satu kapal masa kolonial dan lainnya, menurut analisis awal, sesuai periode republik kami."

AL Kolombia kini menyelidiki kemungkinan lokasi sekitar 12 kapal lain di lokasi yang sama. Kolombia kini memiliki peralatan yang dapat mencapai kedalaman dan memiliki gambar terbaik untuk melindungi keutuhan harta karun hingga dapat ditemukan.

"Dalam beberapa tahun terakhir, dengan teknologi ini kami dapat mencapai tingkat presisi yang belum pernah terlihat sebelumnya," kata Persiden Duque seperti dikutip Ananova.