IFBC Banner

Jadi Solusi Kesehatan 'Kantong' Para Karyawan, Apa Itu 'Tarik Gaji Awal'? Ketahui Nih Manfaatnya!

Rabu, 29 Juni 2022 – 08:31 WIB

Ilustrasi Produk Tarik Gaji Awal

Ilustrasi Produk Tarik Gaji Awal

JAKARTA, REQnews - Payuung (PT Benefide Sejahtera Berkarya), sebuah platform e-commerce yang menawarkan solusi finansial B2B, asuransi, dan reward karyawan mengumumkan peluncuran produk Tarik Gaji Awal sebagai solusi kesehatan keuangan bagi perusahaan-perusahaan Indonesia dan karyawan mereka.

IFBC Banner


Produk yang memungkinkan karyawan menerima sebagian dari gaji dalam hitungan detik sebelum tanggal penggajian ini merupakan kolaborasi antara Payuung dengan Kini (PT Kini Teknologi Indonesia). Kehadiran produk ini di platform Payuung diharapkan dapat membantu meringankan beban keuangan perusahaan-perusahaan Indonesia, meningkatkan loyalitas karyawan, sekaligus menghindarkan karyawan dari jeratan pinjaman online atau pinjol.

Produk Tarik Gaji Awal atau dalam Bahasa Inggris disebut juga Earned Wage Access atau EWA adalah produk keuangan yang memungkinkan karyawan untuk menarik bagian dari gaji bulanan yang sudah menjadi hak mereka sebelum hari penggajian. Gaji dapat ditarik melalui aplikasi dalam hitungan detik dan dengan biaya administrasi yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 25-30 ribu rupiah.

Selain dapat membantu karyawan menyelaraskan pendapatan dan pengeluaran mereka dengan lebih baik, produk ini tidak mengenakan bunga sehingga dapat menghindarkan karyawan dari jeratan pinjaman online (pinjol) atau kredit bunga tinggi lainnya. Selain itu, Tarik Gaji Awal juga dapat meringankan beban arus kas perusahaan pemberi kerja karena sumber dana EWA berasal dari pihak ketiga, yaitu dalam hal ini kerja sama antara Payuung dan Kini.

"Kesehatan finansial karyawan merupakan salah satu faktor utama produktivitas, dan misi Payuung adalah mewujudkan kesehatan finansial bagi perusahaan maupun karyawan di Indonesia," kata Co-founder dan Direktur Payuung, Else Fernanda, CFP dalam siaran pers tertulis yang diterima Reqnews, Rabu, 29 Juni 2022.

"Dengan adanya fasilitas Tarik Gaji Awal ini, kami berharap dapat membantu perusahaan-perusahaan Indonesia memberikan fasilitas kesehatan finansial yang mumpuni bagi karyawan tanpa membebani arus kas perusahaan," sambungnya.

Diluncurkan sejak awal tahun 2020, Payuung memiliki sejumlah fungsionalitas yang memudahkan pemilik bisnis dan tim HR untuk merencanakan dan membeli berbagai macam produk keuangan dan employee benefit, termasuk di antaranya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, pinjaman bisnis, pinjaman karyawan, dan benefit investasi. Selain Kini, pihak-pihak yang telah bermitra dengan Payuung hingga saat ini adalah Capital Life Insurance, Prudential Syariah, Mercer Marsh Benefits, Asuransi Sinarmas, Mandiri Inhealth, Investree, Bank BTPN, Pinjam Modal dan Tanamduit.

Meskipun bukan pemain pertama di ranah EWA, Payuung memiliki keunggulan karena platform ini terafiliasi dan terintegrasi dengan Gadjian (aplikasi HR dan penggajian) dan Hadirr (aplikasi absensi dan produktivitas) yang telah memiliki 5000 lebih basis konsumen.