IFBC Banner

Beda dari RI! 5 Artis Ini Dilarang Comeback oleh Publik Korea karena Berkasus, yang Terbaru Seungri

Rabu, 29 Juni 2022 – 21:01 WIB

Daftar artis Korea yang dilarang comeback karena berkasus. (Foto: Real Research Korea)

Daftar artis Korea yang dilarang comeback karena berkasus. (Foto: Real Research Korea)

JAKARTA, REQnews - Jika di Indonesia, banyak artis yang terlibat skandal atau kasus justru makin hits dan naik daun, situasi sebaliknya justru terjadi di Korea Selatan.

IFBC Banner


Para public figure, termasuk artis yang terlibat kasus atau skandal di Korea Selatan otomatis akan dilarang keras untuk kembali berkarier di industri hiburan.

Baru-baru ini, Real Research Korea merilis hasil voting terkait jajaran artis Korea Selatan yang dilarang untuk comeback ke industri hiburan. Ada sejumlah nama masuk dalam daftar, mulai dari penyanyi solo G.NA hingga yang terbaru Seungri eks BIGBANG.

Sebagai informasi, Real Research Korea adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan warga Korea memberikan suara pada berbagai topik dengan tujuan mengumpulkan data untuk penelitian.

Berikut 5 artis paling ditolak dan dilarang keras oleh publik Korea Selatan untuk kembali ke dunia hiburan menurut Real Research Korea:

1. Seungri eks BIGBANG

Dari 3.507 suara antara 9 Mei dan 16 Mei 2022, hasilnya telah dibagikan kepada publik. Tempat pertama diduduki oleh mantan member BIGBANG, Seungri dan solois Go Young Wook. Keduanya sama-sama mencetak skor 66,4 persen.

Seungri "dibenci" publik Korea karena mengambil bagian dalam skandal Burning Sun, di mana banyak kejahatan seks terjadi di sana tahun 2019. Kini, Seungri divonis hukuman satu setengah tahun penjara.

2. Go Young Wook

Go Young Wook pernah melakukan pelecehan seksual kepada tiga anak di bawah umur selama lima kali di tahun 2010 hingga 2012.

Akibat perbuatannya, Go Young Wook dijatuhi hukuman dua setengah tahun penjara pada 2013.

3. Steve Yoo

Steve Yoo menerima skor 55,8 persen sebagai artis Korea yang dilarang keras kembali berkarier di industri hiburan Korsel. Ini lantaran kasusnya terkait wamil.

Steve Yoo sempat berjanji kepada publik untuk menyelesaikan wamil di Korea Selatan. Namun, dia tiba-tiba berganti kewarganegaraan menjadi Amerika Serikat sebagai cara untuk menghindari tugas wajib militer. Akibatnya, penyanyi solo itu dideportasi dari Korea Selatan dan secara permanen dilarang memasuki negara itu.

4. G.NA

G.NA adalah satu-satunya wanita dalam daftar 'blacklist' ini, dengan perolehan skor 40,8 persen.

Kilas balik ke tahun 2016, G.NA terbukti terlibat dalam kasus prostitusi ilegal di mana dia dituding dibayar sekitar 35 juta won atau Rp 399 juta untuk berhubungan seks dengan seorang pengusaha di Amerika Serikat.

Setelah mengakui perbuatannya, G.NA didenda. Kini diketahui, G.NA sudah tidak lagi tinggal Korea Selatan, tetapi menetap di Kanada.

5. MC Mong

MC Mong pernah dengan sengaja menghindari wajib militer dengan mencabut beberapa gigi miliknya yang masih sehat, setelah menunda wamil selama 7 tahun. Gara-gara tindakannya itu, Mc Mong divonis 6 bulan penjara.