IFBC Banner

Lagi Viral, Sebenarnya Apa Sih Natto Makanan Khas Jepang yang Heboh di TikTok? Bukan Kuliner Biasa!

Sabtu, 02 Juli 2022 – 20:01 WIB

Natto, kuliner khas Jepang yang viral di TikTok.

Natto, kuliner khas Jepang yang viral di TikTok.

JAKARTA, REQnews - Beberapa waktu belakangan, platform TikTok diramaikan dengan sebuah challenge memakan kuliner tradisional Jepang bernama Natto.

IFBC Banner


Dalam sejumlah video yang viral, para pengguna TikTok yang ikut challenge tersebut harus memakan Natto sembari bertahan menghirup aroma tak sedap makanan tradisional itu.

Dilansir dari berbagai sumber, Satu, 2 Juli 2022, Natto diketahui merupakan kacang kedelai yang difermentasi menggunakan bakteri Bacillus subtillis sehingga teksturnya berubah lengket dan berlendir.

Natto memiliki aroma tak sedap yang menyengat dan rasa yang cukup pedas. Bahkan, beberapa orang menyebut makanan satu ini memiliki aroma busuk seperti bau kentut.

Natto digemari oleh orang dari berbagai wilayah di Jepang. Biasanya, mereka menyajikan hidangan tersebut dengan campuran kecap asin, mustard, dan daun bawang. Natto juga dapat dinikmati dengan seporsi nasi hangat.

Meski tampak tak bersahabat di lidah sebagian orang atau bahkan dianggap menjijikkan, Natto ternyata mengandung banyak nutrisi.

Dilansir dari Healthline, Natto memiliki kandungan karbohidrat, lemak, serat, protein, mangan, zat besi, tembaga, vitamin K1, magnesium, kalsium, vitamin C, potasium, zinc, dan selenium.

Tak hanya itu, Natto juga mengandung vitamin B6, folat, dan asam pantotenat (vitamin B5), dan antioksidan.

Selain itu, probiotik yang berasal dari bakteri pada Natto juga memberi banyak manfaat, salah satunya meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Probiotik tersebut berperan sebagai barisan pertama untuk melindungi sistem pencernaan dari racun dan bakteri berbahaya.