Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Sumbar Gelar Lomba Peragaan Busana Minangkabau

Jumat, 16 Agustus 2019 – 08:30 WIB

Busana Minangkabau (Foto:  Kotogadangnews)

Busana Minangkabau (Foto: Kotogadangnews)

PADANG, REQNews - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar lomba peragaan busana Minangkabau 2019 untuk mencari desainer muda berbakat.
 
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbar Nevi Irwan Prayitno di Padang, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengangkat kekayaan dan keunikan ragam hias, songket, batik Minang, dan tenun yang dimiliki oleh 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.
 
Selain itu juga bertujuan untuk mengapresiasi desainer-desainer muda agar mengenalkan hasil karyanya ke pasar nasional dan internasional.
 
Ia juga mengatakan kali ini lomba peragaan busana yang diadakan terdiri dari 4 perlombaan yakni kreasi busana pengantin tradisional Minangkabau, kreasi baju Muslim (pesta), desain motif batik Minangkabau, dan desain aksesori Minang modifikasi.

"Ada satu kategori baru yang dimunculkan tahun ini ke perlombaan peragaan busana yaitu desain aksesori Minang modifikasi," ujar dia.
 
Menurut dia aksesori merupakan pendukung kelengkapan berpakaian yakni berupa galang (gelang), anting-anting, dukuah (kalung), suntiang anak daro (mahkota), sepatu, dan sebagainya yang terbuat dari bahan lokal dan dikombinasikan dengan bahan lainnya.
 
Hasil karya desainer muda tersebut rencananya akan ditampilkan pada acara fashion show di Jakarta dalam waktu dekat.
 
"Mereka menampilkan hasil karya mereka berupa baju Muslim yang bisa dipakai untuk ke pesta, dan kreasi busana pengantin tradisional Minangkabau," sambungnya.
 
Selain itu dewan juri lomba peragaan busana Minangkabau 2019 terdiri dari sembilan orang yang berasal dari akademisi yakni Agusti Evi Marta, Yeni Idrus, Syafwan, Erwin, Andri Tanzil, dari desainer yakni Yadirsyah Zunur, Wirda Hanim, Ade Irma dan dari praktisi yakni Mahzar Chan.
 
Pada malam puncak lomba peragaan busana akan dimeriahkan oleh pertunjukan busana rancangan dari tujuh orang desainer terbaik yakni Dodi Rahman, Yadirsyah Zunur, Resi Dona, Merona, Adith Tritama, Andri Tanzil, dan Twinz Counture.
 
Selain itu para juara satu, dua dan tiga lomba peragaan busana akan dibawa ke Jakarta pada kegiatan Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) pada 16 sampai 20 Oktober 2019 mendatang. Dilansir dari Antara.