Ini 8 Tarian Indonesia yang Punya Pengaruh Magis Kuat

Selasa, 26 November 2019 – 06:00 WIB

Tarian Kecak dari Bali

Tarian Kecak dari Bali

JAKARTA, REQnews - Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Salah satu bentuk cerminan kebudayaan Indonesia adalah beragam tarian yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan ada sejumlah tarian yang memiliki pengaruh magis yang kuat. Penasaran? Berikut ini daftar 8 tarian magis Indonesia yang bisa membuatmu merinding.

 

1. Tari Rentak Bulian

Tarian yang satu ini merupakan tarian mistis Indonesia yang asalnya dari Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Tarian ini harus dilakukan oleh 7 gadis perawan dan seorang perjaka. Sang pria akan kerasukan roh sehingga setengah sadar. Konon, tarian ini dilakukan sebagai tradisi pengobatan gaib.

 

2. Tari Sintren

Tari Sintren adalah tarian yang cukup populer di daerah Jawa Barat. Penari tarian ini adalah seorang gadis muda yang diberi kaca mata hitam. Konon, ketika ia menari, ia sedang dirasuki oleh penguasa daerah Jawa, Dewi Lanjarsari.

 

3. Tari Kuda Lumping

Tari Kuda Lumping merupakan salah satu budaya Sunda yang kian menipis. Konon penari kuda lumping juga bisa dirasuki roh halus yang membuat mereka melakukan hal yang aneh-aneh seperti makan beling, minta sajen hingga makan daging mentah.

 

4. Tari Seblang

Tarian Seblang kembali terkenal, ketika cerita KKN di Desa Penari viral di media sosial. Meski belum terbukti nyata, banyak spekulasi beredar bahwa sosok penari yang muncul di cerita tersebut adalah seorang penari Seblang. Tarian khas Banyuwangi ini dibawakan oleh gadis yang tidak sadarkan diri. Bahkan bisa ditarikan selama berjam-jam hingga berhari-hari.

 

5. Tari Bedhaya Ketawang

Tari Bedhaya Ketawang berasal dari Yogyakarta dan dilakukan setiap tahun pada peringatan kenaikan takhta Raja Keraton. Untuk jadi penari, kamu haruslah seorang wanita yang masih perawan dan tidak sedang haid, dan harus melakukan puasa. Konon, saat menari, Ratu Pantai Selatan, akan tampil sebagai penari ke-sepuluh. Hiii, ngeri gak sih?

 

6. Tari Kecak

Tari Kecak telah menjadi salah satu ikon Bali. Namun, di balik kemasyurannya, tarian ini ternyata ikut menyimpan rahasia mistis. Tarian yang dilakukan oleh 50 orang pria dan beberapa wanita ini bisa membuat penarinya kesurupan dan kebal api. Untuk bisa melakukan tarian ini, penari pun harus melakukan beberapa ritual terlebih dahulu.

 

7. Tari Calon Arang

Tarian yang datang dari Pulau Dewata, Bali ini, ngga bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Tarian ini harus dilakukan oleh penari yang berpengalaman di bidang tari-tarian dan magis karena mereka akan harus menusuk diri sendiri saat melakukan tarian.

 

8. Tari Salai Jin

Tari Salai Jin ini adalah tarian asal dari suku Ternate di Maluku Utara. Tarian yang dimainkan oleh pemain jumlah ganjil ini biasanya diikuti oleh kejadian kesurupan dan permintaan ganjil. (Binsasi)