Mengingat Siti Rahmani Rauf Pencipta Tokoh ‘Ini Budi’

Rabu, 29 Juli 2020 – 16:32 WIB

Mengingat Siti Rahmani Rauf Pencipta Tokoh ‘Ini Budi’

Mengingat Siti Rahmani Rauf Pencipta Tokoh ‘Ini Budi’

JAKARTA, REQnews – Buat kalian yang mendengar kata ‘Ini Budi’ pasti langsung mengingat masa-masa duduk di bangku sekolah dasar. Adalah Siti Rahmani Rauf wanita asal Padang, yang pertama kali dikatikan dengan kata tersebut.

Siapa Siti Rahmani Rauf? Sebagai informasi, wanita yang akrab disapa Ani itu merupakan lulusan di sekolah Belanda sekitar usia 18 tahun. Lahir 5 Juni 1919, membuat Ani mendapat kesempatan menjadi pengajar di daerah tempat tinggalnya, Sumatera Barat (Sumbar) dari tahun 1938 sampai 1953.

Setelah 15 tahun lamanya mengajar di Sumbar ia memutuskan pindah ke Jakarta bersama dengan suami dan anak-anaknya. Di ibu kota, Ani meneruskan kembali pekerjaannya sebagai tenaga pendidik.

Hampir setengah hidupnya ia habiskan untuk mengajar di sekolah dasar. Bukan hanya sekadar mengajar, tetapi profesi guru telah mendarah daging di dalam tubuhnya. Terakhir ia menjabat sebagai kepala sekolah di SD Tanah Abang 5 tahun 1976.

Besarnya dedikasi yang diberikan Ani kepada dunia pendidikan dilirik oleh Kementerian Pendidikan yang saat itu bernama Departemen Pendidikan Nasional. Mereka pun meminta Ani untuk membuatkan sebuah alat peraga buku paket, dan lahirlah tokoh ‘Ini Budi’. 

Banyak media yang menyiarkan bahwa Ani merupakan pencetus kata ‘Ini Budi’. Padahal kata legendaris itu sudah ada di dalam buku paket Ini Budi. Karena membaca teks cenderung membosankan, Departemen Pendidikan Nasional meminta Ani untuk membuat buku Ini Budi dengan nuansa yang menarik dan menampilkan tokoh Budi dan keluarganya.

Ani menerima permintaan tersebut dengan senang hati karena ia juga suka menggambar. Tepat tahun 1984, proyek itu ia kerjakan bersama dengan anaknya Karmeni atau biasa disapa Eni. Dalam setahun mereka membuat alat peraga dan gambar tokoh keluarga budi yang kemudian dikenal dengan metode Struktural Analitik Sintesis (SAS) Bahasa Indonesia.

SAS adalah metode yang digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis bagi siswa pemula. Selain menggambar tokoh keluarga Budi, Ani juga membuat permainan kata ‘Ini Budi’ yang populer di kalangan siswa kelas 1 SD.

Setelah selesai, buku peraga yang dibuat oleh Ani dan anaknya menjadi pegangan wajib yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk seluruh sekolah dasar di Indonesia. Menariknya, ketika proyek selesai, Ani tidak mau dibayar sepersen pun.

Namun karena pihak pemerintah memaksa, akhirnya Ani meminta untuk diberangkatkan pergi berhaji ke Tanah Suci. Impiannya terwujud di tahun 1986 ia berangkat haji dibiayai oleh pemerintah.

Kini, kata-kata ‘Ini Budi’ sudah tidak ada lagi sejak pergantian kurikulum 2013. Tapi, bagi pelajar era 80-an hingga 2000-an, kata legendaris tersebut mengisahkan kenangan masa kecil yang menyenangkan dengan mengenal Budi dan keluarganya. Ani meninggal tahun 2016 silam saat usianya mencapai 96 tahun.