IFBC Banner

29 April 1945, Hitler Menikahi Eva Braun Lalu Bunuh Diri

Rabu, 29 April 2020 – 10:01 WIB

Adolf Hitler dan Eva Braun

Adolf Hitler dan Eva Braun

JAKARTA, REQnews - Pada 29 April 1945, sebuah upacara pernikahan kecil-kecilan digelar di sebuah bungker bernama Fuhrerbunker. Kedua mempelai yang menikah adalah pemimpin Nazi Adolf Hitler dan pujaan hatinya, Eva Braun.

Ikatan cinta ini mebuktikan satu hal, di balik kebengisan Hitler yang memporakporandakan Eropa, ternyata ia tetaplah manusia biasa yang akhirnya luluh karena cinta seorang mantan fotografer bernama Eva.

Pernikahan keduanya digelar di tengah gempuran Sekutu terhadap Nazi yang sudah tak berdaya. Upacara sakral itu disaksikan Menteri Propaganda Nazi Josef Goebbels dan sekretaris pribadi Hitler, Martin Bormann.

Usia Hitler dan Eva terpaut cukup jauh, yaitu 23 tahun. Mereka telah memadu kasih sejak 1936, meskipun sebelumnya cinta Eva Braun bertepuk sebelah tangan hingga mencoba bunuh diri dua kali untuk mendapatkan cintanya Hitler.

Hubungan keduanya ini sebenarnya tidak mendapat restu dari keluarga masing-masing. Pihak keluarga Braun, yakni ayahnya, sudah menyatakan tidak setuju dengan pria yang dipilih putrinya tersebut. Sedangkan saudari tiri Hitler, Angela Raubal, pernah menyatakan dengan gamblang bahwa ia membenci Braun.

Namun, apapun rintangannya, cinta tak dapat dihentikan. Hitler terpesona dengan kesetiaan Braun yang siap menemani hidupnya hingga saat-saat terakhir, meski harus kehilangan nyawa.

 

 

Pernikahan dua sejoli ini terbilang cukup singkat karena hanya terhitung sekitar 48 jam saja. Pada sore hari tanggal 30 April 1945, keduanya memutuskan untuk bunuh diri bersama-sama. Adolf Hitler tewas dengan menembakkan pistol ke pelipis kanannya, sedangkan Eva Braun meminum kapsul yang berisi sianida.