Kisah Yopie Latul, Pelantun Poco-poco yang Gagal Duet sama Didi Kempot

Kamis, 10 September 2020 – 06:05 WIB

Yopie Latul

Yopie Latul

JAKARTA, REQnews - Indonesia kembali berduka. Penyanyi Poco-poco Yopie Latul meninggal dunia karena Covid-19 pada Rabu 9 September 2020 dalam usia ke-65 tahun.

Sepanjang karirnya, penyanyi senior yang sudah berkiprah di dunia musik sejak 1982 ini telah menelurkan banyak karya. Meskipun, Poco-poco tetap sebagai masterpiece yang pernah meraih penghargaan Anugrah Musik Indonesia 2001.

Beberapa bulan lalu sebelum meninggal, Yopie sempat berencana melakukan konser 30 tahun karir The Godfather of Broken Heart, almarhum Didi Kempot. Rencananya, konser itu akan dilaksanakan pada 10 Juli 2020.

Sayangnya, konser dua legenda ini gagal terlaksana, karena Didi Kempot lebih dahulu menghadap Yang Maha Kuasa pada Mei 2020 lalu.

Semasa menyiapkan konser tersebut, Yopie mengaku bangga bahwa musik-musik bernuansa daerah dan tradisi, kembali diminati publik, bahkan mendapat sambutan hangat.

"Dengan lagu Jawa naik, kita bisa jadi saling mendukung untuk jadi top lagi. Musik daerah mempersatukan kita, dari Sabang sampai Merauke bisa bersatu," kata Yopie, 10 Maret 2020 lalu.

Setelah Didi meninggal dunia, recananya Yopie akan bergabung dalam konser 'Ambyar Tak Jogeti - Tribute to Didi Kempot' yang rencananya berlangsung pada 14 November 2020 mendatang. 

Namun, siapa sangka, ajal lebih dahulu menjemput Yopie, sebelum ia sempat tampil kembali di panggung.

 

Sebagai tambahan, Yopie mulai dikenal masyarakat setelah merilis singelnya yang bertajuk 'Ayun Langkahmu' ciptaan Elfa Secioria dan Wieke Gur pada tahun 1986. Selain itu, Yopie juga dikenal berkat lagu 'Kembalikan Baliku' ciptaan Guruh Soekarnoputra, yang ia bawakan pada Festival Lagu Populer Indonesia 1987 bersama paduan suara Swara Mahardhika.

Tahun 1995, barulah namanya benar-benar dibicarakan seantero Indonesia, setelah lagu Poco-poco dirilis.