Sekda DKI Saefullah di Mata Para Tokoh

Kamis, 17 September 2020 – 06:33 WIB

Almarhum Sekda DKI, Saefullah, ketika masih menjabat Walikota Jakarta Pusat saat membersihkan kawasan Monas

Almarhum Sekda DKI, Saefullah, ketika masih menjabat Walikota Jakarta Pusat saat membersihkan kawasan Monas

JAKARTA, REQnews - Ungkapan duka cita terus mengalir dari sejumlah tokoh atas kepergian Sekda DKI Jakarta, Saefullah, yang meninggal karena karena virus Corona (COVID-19).

Tak hanya Gubernur Anies Baswedan, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), hingga Sandiaga Salahuddin Uno, memiliki kesan tersendiri terhadap sosok Putra asli Betawi tersebut.

Anies Baswedan merasa kehilangan sekali dengan sosok Saefullah. Menurutnya, Saefullah adalah pribadi yang amat baik, profesional dan pekerja keras. "Beliau wafat dalam usia 56 tahun. Beliau mengabdi di DKI sejak tahun 84. Sudah 36 tahun mengabdi di Jakarta, mulai guru sampai akhirnya kepala dinas, wali kota, dan Sekda," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu, 16 September 2020.

Menurut Anies, Saefullah bekerja keras apalagi ketika menghadapi wabah COVID-19 ini yang bersangkutan selama 24 jam kerja bersama. "Bahkan beliau paling aktif membagikan suplemen kepada kolega, siapa saja yang ketemu pak sekda pasti punya cerita, dibagi suplemen supaya sehat. Orang yang selalu memikirkan keselamatan orang lain, hari ini diantarkan ke pemakaman," ujarnya.

Ungkapan duka cita juga disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengenang Saefullah sebagai rekan kerja yang baik. Bagi Jokowi, Saefullah adalah sahabat sekaligus rekan kerja yang baik. "Saya atas nama Bapak Presiden RI mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya almarhum Bapak Saefullah, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta," kata Kasetpres Heru Budi Hartono menyampaikan pesan Jokowi. Heru juga merupakan mantan pejabat Pemprov DKI.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) turut berbelasungkawa atas kepergian Saefullah. Di mata Ahok, Saefullah adalah sosok yang rajin dan cepat bekerja. Itulah alasan dia dulu memilih Saefullah jadi Sekda. Ahok juga punya banyak cerita tentang Saefullah saat sama-sama di Pemprov DKI. "Fisiknya kuat dan bugar, jago main futsal," ungkapnya.

Ucapan duka cita pun disampaikan eks Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat atas meninggalnya Saefullah. Djarot menceritakan hubungannya dengan Saefullah sudah seperti keluarga. Djarot pun bicara soal sosok mantan rekan kerjanya di DKI Jakarta itu. "Kesan saya, Pak Saefullah adalah birokrat karier yang merintis dari bawah. Ketekunan, kerja keras dengan tiada pernah mengeluh," ujarnya. Saefullah, menurut Djarot, merupakan pribadi yang sederhana dalam menjalani hidup dan mengayomi anak buahnya. Lebih lanjut, Djarot mengungkapkan, Saefullah juga sosok yang penuh loyalitas dan berdedikasi kepada pimpinan. Saefullah, kata dia, selalu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, mengaku mengenal Saefullah sejak sebelum dia terpilih menjadi Wagub DKI pada 2017. Menurut Sandiaga, pada tahun 2015 Saefullah merupakan sosok birokrat yang sangat dihormati, solutif, dan konkret dalam menyelesaikan masalah. Saefullah, menurut dia, juga merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat.

"Setelah mengikuti prosesi pilkada dan dilantik, saya berkesempatan mendapat kehormatan bekerja hampir 1 tahun bersama beliau. Di sinilah saya lihat dia adalah man of action, orang yang mampu bekerja secara diam-diam, tidak terlalu gembar-gembor, tidak terlalu mencari istilahnya headlines, tapi selalu menyelesaikan masalah. Saya banyak sekali berdiskusi dengan beliau bekerja sama terhadap hal-hal yang sangat pelik, sangat rumit. Prestasi DKI Jakarta untuk menyelesaikan berbagai masalah tak lepas dari peran Pak Sekda," tuturnya.

Sandiaga juga mengatakan banyak peran Saefullah di bidang kesehatan hingga penciptaan lapangan kerja di DKI Jakarta. Saefullah, yang merupakan mantan guru, kata Sandiaga, juga berperan dalam menciptakan pendidikan berkualitas di DKI Jakarta.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga mendoakan agar Saefullah ditempatkan di sisi terbaik Allah SWT. Tito mengungkapkan, Saefullah merupakan sosok lama di Pemprov DKI. Dia menyebut Saefullah sebagai teladan bagi ASN di Ibu Kota. "Saefullah merupakan pribadi yang baik, pekerja keras dalam melaksanakan tugas, dan menjadi tauladan bagi jajaran ASN di Pemprov DKI Jakarta," tutur Tito.