10 Tahun Kematian Steve Jobs, Ingin Rasa Menangisi Lagi Kepergiannya

Rabu, 06 Oktober 2021 – 07:37 WIB

Foto: Apple.com

Foto: Apple.com

California, REQNews.com -- Apple mengenang mendiang salah satu pendirinya; Steve Jobs, hari ini -- tepat sepuluh tahun kematian sosok paling visioner yang mengubah dunia

Situs Apple menampilkan vido kehidupan Jobs, cuplikan saat mempersembahkan iPhone tahun 2007 dan momen lain dalam karier penciptaannya.

Ada pernyataan dari keluarga Steve Jobs, yang mengingatkan betapa sang inovator adalah guru yang mengajarkan kita untuk terbuka terhadap keindahan dunia, ingin tahu ide-ide baru, melihat ke sudut berikut, dan yang terpenting tetap rendah hati.

Jobs meninggal 5 Oktober 2011 pada usia 56 tahun, setelah delapan tahun berjuang melawan kanker pankreas.

Tim Cook, CEO Apple yang menggantikan Jobs pada Agustus 2011, membagian video di akun Twitter-nya, bersama kutipan sang pendiri.

"Orang orang dengan semangat tinggi dapat mengubah dunia menjadi lebih baik," - SJ.

"Sulit dipercaya sudah 10 tahun. Merayakanmu hari ini dan selamanya," tulis Cook.

Beranda situs Apple beralih ke gambar satu halaman penuh saat Jobs meninggal, termasuk teks 'Steve Jobs 1955-2011. Jika gambar di-klik, ada teks tambahan; Apple kehilangan seorang jenius visioner dan kreatif. Dunia telah kehilangan manusia luar biasa."

"Kami yang beruntung mengenal dan bekerja dengan Steve Jobs telah kehilangan teman baik dan mentor yang menginspiras," lanjut teks itu.

"Steve Jobs meninggalkan perusahaan yang hanya bisa dibangun oleh dirinya, dan semangatnya akan terus menjadi pondasi Apple."

Sehari sebelumnya, Apple membagikan video dua menit berisi pernyataan Steve Jobs, yang berbicara tentang komputer Apple pertama. Menurut Jobs, ini alat paling luar biasa yang pernah kami buat.

Jobs menjelaskan inovasinya tidak hanya dibuat untuk menjadi kreatif, tapi membantu dunia menjadi lebih produktif. Semua yang dikatakannya terbukti.


Tiga Serangkai

Apple tidak didirikan satu orang, tapi tiga. Steve Jobs menggandeng Steve Wozniak dan Ronald Wayne saat mendirikan Apple pada 1 April 1976.

Semula, ketiganya menjual kit komputer untuk membiayai pembangunan produk pertamanya, Apple I. Setelah itu ketiganya membangun komputer lain, yang tentu saja lebih canggih dibanding versi sebelumnya. Tahun 1984 mereka memperkenalkan Macintosh.

Tahun 1998, Cook bergabung dengan Apple Corporate Materials untuk Compaq, setelah Jobs mengundangnya untuk mengambil peran sebagai wakil presiden operasional di seluruh dunia. Saat itu Apple di ambang kebangkrutan.

Untuk meyakinkan Cook agar bergabung, Jobs memberi tahu produk baru yang pasti akan mengguncang dunia komputer, yaitu iMac G3.

Komputer itu menampilkan desain bulat penuh warna, dan diluncurkan tak lama setelah Cook memulai karier di Apple. Ia membantu perusahaan menjadi pembangkit tenaga teknologi seperti saat ini.

Cook adalah orang pertama yang membagikan berita kematian Steve Jobs. "Saya punya berita sangat menyedihkan untuk dibagian kepada Anda. Steve Jobs meninggal hari ini," tulis Cook di email tahun 2011.

"Tidak ada kata yang cukup untuk mengungkapkan kesedihan kami, kecuali rasa terima kasih atas kesempatan bekerja dengannya," tulis Cook saat itu. "Kami akan selalu menghormatinya dengan mendedikasikan diri untuk melanjutkan pekerjaan yang sangat dia cintai."