Ngeri! Ternyata Begini Detik-detik Presiden Amerika John F Kennedy Ditembak Mati

Senin, 22 November 2021 – 11:37 WIB

Presiden ke-35 Amerika Serikat John F Kennedy (Foto: Istimewa)

Presiden ke-35 Amerika Serikat John F Kennedy (Foto: Istimewa)

AMERIKA SERIKAT, REQnews - Tepatnya pada Jumat 22 November 1963 lalu, presiden ke-35 Amerika Serikat John F Kennedy ditembak mati di Dallas, Texas pada pukul 12:30 Waktu Tengah (18:30 UTC).

Saat itu, Kennedy bersama Gubernur Texas menaiki mobil limosin bak terbuka menuju kampanye Pemilu tahun 1964 untuk menyampaikan pidato. Iring-iringan mobil menuju pusat kota Dallas, melewati kerumunan yang diperkirakan lebih dari 150.000 orang.

Ketika limosin melewati Texas School Book Depository, tembakan terdengar dari jendela lantai enam. Sebuah peluru menghantam Kennedy di bagian belakang ketika ia melambai, diikuti oleh tembakan kedua di belakang kepalanya.

Tembakan lainnya melukai Gubernur. Presiden Kennedy dan Gubernur Connally terluka dan dilarikan ke Rumah Sakit Parkland. Beberapa informasi terdengar bahwa tiga tembakan memecah iring-iringan mobil, sementara dua peluru menghujam presiden dan satu mengenai gubernur.

Ternyata Kennedy ditembak secara fatal oleh mantan Marinir Amerika Serikat, Lee Harvey Oswald dari sebuah gedung di dekatnya. Iring-iringan mobil bergegas ke Rumah Sakit Parkland Memorial di mana Presiden Kennedy dinyatakan meninggal dunia sekitar 30 menit setelah penembakan.

Selanjutnya, Oswald ditangkap oleh Departemen Kepolisian Dallas 70 menit setelah penembakan awal. Oswald didakwa di bawah hukum negara bagian Texas atas pembunuhan Presiden Kennedy, dan juga petugas polisi Dallas, J. D. Tippit, yang telah ditembak mati beberapa saat setelah pembunuhan.

Investigasi 10 bulan oleh Komisi Warren tahun 1963–1964, Amerika Serikat DPR Pilih Komite Pembunuhan (HSCA) tahun 1976–1979, dan investigasi pemerintahan lainnya menyimpulkan bahwa Kennedy dibunuh oleh Lee Harvey Oswald.

Kesimpulan ini didukung oleh publik tahun 1964–1966, tetapi pemilihan diadakan setelah 1966 dan menunjukan 80% warga Amerika tidak mempercayainya. Pembunuhan ini masih diperdebatkan dan menimbulkan beberapa teori konspirasi.

Kennedy adalah Presiden Amerika Serikat kedelapan yang meninggal di jabatannya dan keempat (setelah Abraham Lincoln, James A. Garfield, dan William McKinley) yang dibunuh. Wakil Presiden Lyndon Baines Johnson secara otomatis menjadi Presiden setelah kematian Kennedy.

Namun pada 24 November 1963 sekitar pukul 11.22 siang waktu setempat, ketika kamera televisi langsung menutupi pemindahannya dari penjara kota ke penjara daerah, Oswald ditembak mati di ruang bawah tanah Markas Besar Kepolisian Dallas oleh pemilik klub malam Dallas Jack Ruby.

Oswald dibawa ke Rumah Sakit Parkland Memorial di mana ia segera meninggal. Ruby didakwa atas pembunuhan Oswald, meskipun kemudian dibatalkan saat naik banding, dan Ruby meninggal di penjara pada tahun 1967 ketika menunggu persidangan baru akibat kanker.